Pengenalan Kepribadian

Pada Bab ini kita membahas tentang diri kita sendiri (Who am I), dimana kita akan mengenali siapakah Aku ini ?. Terkadang banyak dari kita yang tidak tahu akan diri kita sendiri, atas kelebihan ataupun kekurangan serta karakteristik yang ada pada diri kita. Untuk menjadikan kehidupan kita ini agar lebih baik maka kita harus mulai dari mengenali diri sendiri, potensi apa saja yang kita miliki sehingga dengan demikian kita akan tumbuh menjadi manusia yang lebih baik. Hari-hari yang kita lewatipun akan lebih baik dari hari ke hari.

Bagaimana kita dapat mengenali diri sendiri ??

Adapun cara yang dapat kita lakukan adalah :

1. Menanyakan kepada orang terdekat, seperti orang tua, sahabat atau teman yang lain.

Karena dengan bertanya kepada orang lain maka mereka akan bisa memberikan gambararan tentang diri kita, sikap kita seperti apa, maka dengan gambaran yang mereka berikan kita akan tahu sebenarnya aku ini orangnya bagaimana ??

2. Mebuat catatan harian tentang kegiatan yang telah lakukan setiap hari, hal ini dapat kita lakukan dengan meluangkan waktu untuk renungan. Maksudnya adalah kita mengingat kembali hal-hal apa yang telah kita lakukan selama satu hari, satu minggu, satu bulan, bahkan satu tahun, selama masa tersebut kesalahan-kesalahan apa saja yang kita telah perbuat, bagaimana langkah yang harus kita lakukan untuk kedepan nya guna mengantisipasi masalah itu. Maka kita akan terhindar dari kesalahan yang sama untuk masa yang akan datang. Itu berarti kita boleh malakukan renungan tersebut setiap hari atau seminimal mungkin 1 kali dalam 1 tahun, biasanya dilakukan pada akhir tahun menjelang tahun baru.

3. Mengikuti test IQ, yaitu test kemampuan berfikir atau tes kepintaran. Pada tes ini kita dapat melihat sejauh mana kemampuan daripada IQ yang kita milliki, kita bisa tahu tingkatan IQ, misalnya apakah berada pada IQ yang Rata-rata, kurang atau lebih (jenius). Tes IQ ini lebih banyak juga menggunakan sal logika sehingga kita benar-benar dihadapkan cara berfikir kita sendiri.

Dalam pengenalan diri selain kita fokus pada pengenalan bakat yang terdapat dalam diri kita yang harus dikembangkan, maka kita juga harus mengenali cirri fisik dari diri kita antara lain :

· Bentuk Kepala

· Bentuk Badan: Manusia dewasa 150 – 178 cm

· Bentuk Hidung

· Warna Kulit

· Bentuk Rambut

Mengembangkan Diri

Setelah kita mengenal diri kita sendiri maka akan dapat mngetahui apa kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kita. Dari potensi-potensi yang tersimpan didalam diri maka kita akan dapat untuk mengembangkannya, lebih memaksimalkan apa yang terdapat dalam diri kita, sehingga kita akan dapat meraih apa yang menjadi keinginan kita. Dalam pengembangan diri hal utama yang harus ada selain dari pada kenal akan diri sendiri adalah “percaya diri” kita harus memiliki rasa ini, dimana kita yakin akan kemampuan dan segala kelebihan yang kita miliki. Kita harus percaya dulu akan kemampuan kita baru kita bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Bentuk fisik juga bisa mendukung potensi yang ada dalam diri atau sebaliknya dari bentuk fisik yang ada maka juga akan bisa dikembangkan tensi yang tersimpan dalam diri kita.

Menerima Diri

Kita harus bangga pada diri kita sendiri , kita harus percaya akan kemampuan serta segala kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, jangan sampai aspek kekurangan menjadikan kita tidak memiliki keinginan untuk mengembangkan diri, kita hanya terpaku pada keadaan menyesali diri, misalnya kenapa aku harus seperti ini ?, dan akhirnya yang ada dalam pikiran kita hanya kalimat “andaikan”. Jika kita telah memelihara rasa itu maka kita tidak akan dapat menemukan jati diri kita yang sebenarnya, kita tidak akan dapat mencapai apa yang memnjadi impian kita. Menerima diri kita apa adanya adalah adalah suatu langkah awal yang dibutuhkan untuk lebih mengembangkannya lebih baik. Pada hakekatnya Manusia itu adalah unik, maksudnya kita memiliki ide-ide yang berbeda dengan orang lain, tak ada yang sama , kita memiliki pikiran yang berbeda, maka jangan pernah berfikir tentang kaesalahan agar kamu dapat mengembangkannnya.

Manfaat yang kita dapatkan dari Pengenalan Diri sendiri adalah :

  • Dapat memberikan motivasi kepada setiap personal agar dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki.
  • Memberikan penjelasan bahwa masing-masing kita pasti memiliki potensi yang dapat kita kembangkan.

Jangan pernah berfikiran akan kekurangan yang seakan2 kita tidak memiliki kesempatan untuk mengembagkan diri.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on January 23, 2009, in Interpersonal skill, Kepribadian Manajerial. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. saya sangat setuju dengan apa yang dituliskan dalam artikel seperti di atas. Apabila kita melakukan apa yang telah disampaikan pada artikel di atas,kita bisa menjadi lebih mengetahui siapakah diri kita sebenarnya,apa kemampuan yang kita miliki,maupun juga kelemahan yang ada dalam diri kita.pada akhirnya apabila suatu saat nanti,ada suatu masalah kita sudah siap dengan diri kita,apa yang harus kita lakukan terhadap diri kita,karena kita sudah mengetahui karakter sebenarnya pada diri kita,setiap masalah akan terasa lebih mudah dan sangat ringan untuk dihadapi.

    terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: