SISTEM KOMPUTER : HARDWARE

Pada bab ini akan lebih didalami unsur-unsur pembentuk teknologi informasi, perkembangan, dan perawatan atau pemeliharaan sistem teknologi informasi.

Definisi teknolgi informasi sangat luas, mencakup semua bentuk teknologi yang digunakan dalam memperoleh, memanipulasi, mengkomunikasikan, menyajikan, serta menggunakan data (dan data tersebut ditransformasi menjadi informasi). Teknolgi informasi termasuk komputer (baik hardware maupun software), peralatan lain yang ada pada komputer, alat komunikasi, ponsel, mikrochip yang ada pada mobil, pesawat, dan sebagainya. Semua manifestasi dari teknolgi tersebut sangat penting dan harus diketahui keberadaannya, serta potensi kegunaannya dalam lingkungan organisasi.

Terdapat dua kategori teknolgi informasi yang penting bagi manajer dalam organisasi modern, yaitu : teknolgi komputer dan teknolgi komunikasi. Kedua teknolgi tersebut telah dan akan terus memiliki efek atau dampak yang sangat besar terhadap struktur organisasi, cara organisasi melakukan bisnis, cakupan organisasi, serta pekerjaan atau karir manajer dalam suatu organisasi.

Secara historis kedua teknolgi tersebut baik teknolgi komputer maupun teknolgi komunikasi adalah independen tetapi telah tumbuh bersamaan pada tahun-tahun terakhir, terutama pada tahun 1980an dan 1990an. Sistem yang terdistribusikan ada hampir dalam setiap industri, dan sistem-sistem tersebut mengharuskan komputer untuk dihubungkan dengan jalur telekomunikasi. Sistem berbasis www, yang dapat dikirimkan melalui intranet dalam organisasi maupun melalui web itu sendiri menjadi semakin lazim. Hampir semua manajer dalam semua tingkatan memiliki mikrokomputer di meja kerjanya. Komputer tersebut dihubungkan dengan jalur komunikasi perusahaan dan biasanya dengan internet.

Sehingga dalam bab ini berfokus pada hardware dan software. Hardware komputer adalah bagian fisik dari sebuah sistem komputer –seperti CPU dan printer— yang dapat disentuh dan nyata objeknya. Sedangkan software komputer adalah serangkaian program yang mengontrol operasi sistem komputer. Bab ini akan membahas ide utama dibalik komputer untuk meningkatkan pemahaman mengenai cara kerja komputer.

A. Evolusi Sistem Komputer

Generasi Pertama Komputer

ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) muncul pada tahun 1946 sampai 1959 yang dibuat oleh Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert Jr. Yang terdiri lebih dari 18000 pipa vakum, memerlukan ruang sebesar 15000 M2, dan berat lebih dari 30 ton. Kinerjanya sangat memuaskan karena dapat melakukan 500 macam aplikasi per menit.

Generasi Kedua Komputer

Transistor lebih kecil, lebih handal, dan lebih murah daripada pipa vakum. Umumnya menggunakan inti magnet sebagai memori utama. Skala memori meningkat secara besar dan kecepatannya juga meningkat.

Generasi Ketiga Komputer

Pada 7 April 1964 IBM mengenalkan komputer sistem 360 berdasarkan pada sirkuit gabungan daripada transistor individu. Inti magnet masih digunakan sebagai memoti utama, kemudian inti diganti oleh memori semikonduktor dan yang terjadi adalah skala memori dan kecepatannya meningkat secara dramatis.

Generasi Keempat Komputer

Model baru atau lini baru berdasarkan pada teknologi baru diperkenalkan oleh semua penjual pada tahun 1970-an, 1980-an, dan 1990-an. Skala memori dan kecepatan meningkat. Inovasi pada generasi keempat memasukkan berbagai macam prosesor dalam satu mesin. Sirkuit gabungan dari generasi ketiga menjadi sirkuit LSI (large scale integration) dan menjadi sirkuit VLSI (very large scale integration). Dengan VLSI selutuh sirkuit untuk komputer dapat dipasang pada satu chip yang lebih kecil dari jari kuku.

Pengembangan Komputer Mini (Minicomputer)

IBM dan penjual utama lainnya seperti Sperry Rand, Burroughs, NCR, Honeywell, dan Control Data bersaing dalam mencapai pemimpin industri dengan lebih kuat, mesin besar, jumlah yang lebih kecil, perusahaan baru menemukan relung pasar untuk mesin kecil dan aplikasi yang lebih spesifik. Perusahaan-perusahaan sukses pada pasar minikomputer terdiri dari Digital Equipment Corporation, Data General, dan Hewlett Packard.

Pengembangan Mikrokomputer

Tahun 1970-an dan 1980-an beberapa industri komputer memperkenalkan dan sukses pada mikrokomputer yaitu komputer berdasarkan pada chip atau mikroprosesor. Apple dan perusahaan lainnya yang menjadi pionir pada bisnis mikrokomputer menemukan relung pasar dibawah minikomputer untuk perumahan pada bisnis yang sangat kecil dan sistem sekolah umum. Pada kenyataannya, personal computer atau PC menjadi sesuatu yang standar pada kebanyakan orang yang menggunakan mikrokomputer.

B. Komponen Dasar Sistem Komputer

Ada dua tipe dari komputer yaitu digital dan analog. Komputer digital mengoperasikan secara langsung pada angka atau digit seperti yang dilakukan orang-orang. Sedangkan komputer analog memanipulasi beberapa kuantitas fisik analog, seperti voltase, kecepatan rotasi terowongan.

Struktur Dasar

Saat ini komputer sangat hebat pada ukuran, kecepatan, dan detail operasional. Semua komputer, walaupun mikrokomputer dari Dell atau IBM, dibuat dalam aturan yang sama: input, output, memori, unit aritmetik atau logika, unit pengendalian atau file.

Input/Output

Untuk menggunakan komputer, kita harus mengetahui beberapa arti dari pemasukan data ke dalam komputer. Alat input yang biasa digunakan oleh para manajer adalah keyboard pada mikrokomputer atau terminal. Terminal lebih sederhana daripada PC, terminal didesain secara ketat untuk input/output dan terpisah dari CPU. Kebanyakan terminal terdiri dari keyboard untuk pemasukan data dan unit video display untuk menggambarkan apa yang pengguna ingin masukkan dan memperlihatkan output/hasil dari komputer. Terminal kebanyakan digunakan oleh personal administrasi yang terlibat dalam proses transaksi online. Terminal membiarkan pengguna mengunci data secara langsung pada komputer. Secara umum, beberapa metode input memerlukan data dapat disimpan pada media input tertentu sebelum data tersebut dimasukkan dalam komputer.

Beberapa metode input membaca dokumen asli secara langsung kedalam memori komputer. Proses pengecekan dikendalikan dengan metode input Magnetic Ink Character Recognition (MICR) di negara Amerika. Semua cek mempunyai nomer account dan nomer bank dibawah menggunakan angka yang aneh dan tinta magnet tertentu. Alat komputer input yaitu MICR memberi magnet pada tinta, mengakui nomer tertentu, dan mengirimkan data ke memori komputer bank. Optical Character Recognition (OCR) adalah metode input yang secara langsung menulis, mencetak, atau alat pencetak.

Bentuk dominan dari output, biasanya berbentuk laporan yang dicetak. Printer komputer menjadi berubah dalam ukuran, kecepatan, dan harga. Ringkasnya, peralatan input dan output memberi komputer bermacam-macam kegunaan.setiap sistem komputer minimal harus mempunyai satu alat input dan output. Pada komputer peralatan input/output yang sering digunakan adalah kibord, unit video display, printer, CD player dan disk drive.

Memori Komputer

Setiap aliran data akan menuju atau keluar dari memori. Data dari peralatan input selalu berjalan ke dalam memori, peralatan output selalu menerima data dari memori, dua jalan aliran data antara file dan memori dan juga antara unit aritmatika/logika dan memori, dan tipe tertentu dari aliran data dari memori ke unit kontrol untuk memberitahu apa yang harus dilakukan unit kontrol selanjutnya.

Setiap sel memori terdiri dari kumpulan fakta dari sirkuit dan setiap sirkuit dapat diatur menjadi hidup atau mati. Karena setiap sirkuit hanya mempunyai dua bagian, mereka diangkakan menjadi 1 dan 0, nilai yang mungkin dari nomer binary.

Unit Aritmatika/ logika

Unit aritmatika/logika, seperti memori, biasanya terdiri dari sirkuit VLSI pada chip silikon. Unit aritmatika/logika sangat sederhana, yang dibuat untuk penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sama seperti kinerja operasi logika.

File Komputer

Sebagai aplikasi yang akan diproses pada komputer, data diperlukan untuk perhitungan harus disimpan pada memori komputer. Kapasitas dari memori terbatas dan tidak mempunyai cukup ruang untuk menyimpan semua data. Ada beberapa alat penyimpanan data diluar memori komputer untuk menyimpan beberapa file anatara lain magnetic tape drives, hard disk, floppy disk, dan CD.

C. Konsep Penyimpanan Program

Setiap orang harus menyiapkan catatan yang seharusnya apa yang komputer harus lakukan. Catatan harus dalam bentuk unit kontrol dari komputer yang dibuat mengerti. Catatan lengkap dari apa yang harus dilakukan untuk aplikasi disebut progrm, dan tiap langkah individual atau operasi dalam program disebut instruksi. Unit kontrol membawa keluar progrm, satu langkah atau instruksi pada waktunya, kecepatannya.

Pada umumnya, instruksi mesin bahasa terdiri dari dua komponen yaitu kode operasi dan satu atau lebih alamat. Kode operasi adalah simbol yang memeberitahu unit kontrol operasi apa yang dapat dikerjakan. Alamat adalah sel tertentu pada memori dimana konten akan terlibat dalam operasional.

D. Ekstensi Untuk Model Dasar

Komunikasi Dengan Sisten Komputer

Kontrol sebagai poin awal untuk model extended, dimana diperlukan untuk menghubungkan peralatan input/output seperti terminal, direct access storage devices (DASDs), dan peralatan akses rangkaian untuk CPU dan memori dari sistem komputer yang besar.

Data Channel

Saluran data sama kritisnya seperti kontrol. Saluran data adalah prosesot input/output tertentu yang mengambil alih fungsi dari peralatan komunikasi dari CPU. Peran dari saluran data adalah untuk memeriksa kecepatan signifikan antara alat yang paling lambat dengan yang paling cepat.

Perlengkapan Memori

Ada dua level dari alat penyimpanan yaitu memori utama yaitu cepat dan sangat mahal serta memori sekunder dimana dapat dikategorikan tidak terlalu cepat dan tidak terlalu mahal (DASDs) serta lambat dan murah (magnetic tapes). Dengan cache momory, semua hambatan dari data dihilangkan dengan satu waktu kemudian kebanyakan data diletakkan dari kecepatan tinggi ke unit aritmatika/logika.

Konfigurasi Prosesor Multiple

Tanpa menggunakan multiple prosesor, kita sebenarnya seperti sistem ketika kita membahas penggunaan saluran data dengan satu CPU primer. Dengan meningkatnya jumlah kopmputer besar, penggunaan dari multiple prosesor adalah cara untuk meningkatkan kekuatan. Symmetric multiprosesor adalah mesin multiprocessor dimana semua processor atau CPU adalah sama, dengan tiap processor operasional secara independen dengan yang lainnya.

E. Tipe Sistem Komputer

Microcomputers

Mikrokomputer dapat juga disebut personal computer (PC) dengan harga $500 sampai $5000. umumnya kekuatannya lemah daripada sistem workstation. Mikrokomputer dapat dibawa atau dipindahkan oleh satu orang, hanya mempunyai satu kibord dan unit video display.

Sistem Workstations

Sistem workstation merupakan kategori yang berbeda dari komputer tetapi mereka sekarang melaju jauh baik dari segi harga, kekuatan, aplikasi yang dipilih. Biaya yang dikeluarkan untuk sistem workstation ini dari $5000 sampai $1000000

Komputer Mainframe

Mainframe adalah mesin roti dan mentega dari proses informasi yang merupakan jantung dari sistem komputer dari kebanyakan korporasi dan agen pemerintah. Kompetisi yang ketat pada arena mainframe karena hal tersebut merupakan peran pusat dari komputer. Penjual dominan yaitu IBM sejak tahun 1950an. Pertengahan tahun 2000 generasi terbaru dari mainfrme IBM adalah seri System/390.

Superkomputer

Superkomputer mendapatkan tingkat MFLOPS dengan harga $1 million sampai dengan $50 milion. Superkomputer didesain secara spesifik untuk mengatasi masalah secara numerik, dimana kebanyakan dikembangkan oleh para peneliti seperti ahli kimia, ahli fisika, dan para astronot. Biasanya superkomputer berlokasi di laboratorium penelitian pemerintah atau universitas

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on January 23, 2009, in Sistem Informasi Manajemen. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: