STUDI KASUS: BISNIS INTEL. CORP MELALUI INTERNET – MARKETING

PENDAHULUAN

Seiring dengan perkembangan pemakaian Internet sebagai sarana komunikasi global, kini sudah cukup banyak perusahaan menggunakan Internet sebagai media perdagangan. Begitu juga yang kini dilakukan Intel Corp, dimana merupakan industri komputer dan jaringan internet terkemuka serta yang tercanggih di dunia. Pimpinan Eksekutif Craig R. Barett selama ini telah mengembangkan berbagai produk microprocessor dan pengembangan manajemen pemasaran melalui Internet. Binis microprosesor ini dikatakan Bareet sebagai bisnis yang menggiurkan, karena mampu mendominasi pasar berbagai perusahaan startegis dunia dengan keuntungan yang mengagumkan dan posisi pasar yang masih bagus. Semakin mudahnya mendapatkan akses ke Internet membuat dunia semakin tidak bertembok, sehingga adanya Internet memang sejalan dengan era globalisasi dan kebijakan pasar bebas. Dengan yang jumlah penggunanya terus meningkat secara eksponensial, potensinya sebagai media perdagangan memang tak bisa dipungkiri lagi. Namun ternyata banyak masalah yang berhubungan dengan keamanan perdagangan di Internet.

Pada tahun 1985, Intel Corp memulai binisnya dengan memasarkan bisnis memory chip yang hanya difokuskan sebagai otak elektronis pada komputer personal. Masa keemasan perusahaan Intel berlangsung di bawah pimpinan CEO, Andrew S. Meski berhasil mendapatkan kemajuan yang pesat, tapi peperangan hebat dalam pemasaran produk software dan hardware dari berbagai industri komputer terus terjadi hingga kini, dan perang pasar ini pun berlangsung sampai ke situs web, yang merupakan tempat pemasaran yang paling efektif bagi industri komputer untuk memasarakan produk dan mendapatkan konsumen dan pelanggannya. Analisa studi kasus ini akan secara khusus menyoroti manajemen pemasaran Intel Corp melalui internet.

MASALAH

Beberapa persoalan yang muncul dalam perusahaan intel dalam usaha pemasarannya melalui internet :

· Masalah pertama adalah masalah kerahasiaan (confidentiality) pesan. Kita harus berasumsi bahwa setiap kali kita mengirim pesan di Internet, seperti halnya kita menggunakan media kartu pos dimana semua orang dapat membacanya. Tentu kita tidak ingin orang yang tidak berkepentingan membaca pesan yang kita kirimkan itu.

· Masalah kedua adalah bagaimana cara agar pesan yang kita kirimkan itu keutuhannya (integrity) sampai ke tangan penerima atau konsumen Intel. Di Internet, orang lain dapat mengubah isi pesan yang kita kirimkan itu, atau mengganti (sama) sekali pesan itu.

· Masalah ketiga adalah keabsahan (authenticity) pelaku transaksi. Bagaimana pembeli produk Intel dapat yakin dengan otentikasi Intel Corp. Sebagai ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari kita dapat dengan mudah melakukan proses otentikasi terhadap kedua orang tua kita dengan cara melihat muka mereka, atau bahkan cukup dengan suara mereka saja.

· Masalah keempat adalah keaslian pesan agar bisa dijadikan barang bukti. Konsumen atau pelanggan Intel Corp tentu tidak ingin kalau (tiba-tiba) ditagih oleh bank untuk pembelian perangkat lunak yang tidak pernah dibelinya, meskipun bank mengaku menyimpan data transaksi tersebut. Di sisi lain jika ternyata sang konsumen memang beli produk perangkat lunak tersebut, harus ada mekanisme tertentu sehingga konsumen tidak dapat menyangkal bahwa dia telah membeli produk atau perangkat lunak tersebut.


PEMBAHASAN

Sistem perdagangan di Internet yang dimaksud di sini adalah sistem perdagangan di Internet dimana konsumen berinteraksi secara langsung dengan sistem perdagangan tersebut (consumer based Internet commerce). Lebih spesifik lagi, pada tugas akhir ini penulis hanya meneliti transaksi yang menyangkut jual beli barang atau jasa serta kegiatan men-transfer dana. Penelitian tidak dilakukan terhadap transaksi jual beli saham, obligasi, atau sertifikat danareksa kepada nasabah. Penggunaan Internet sebagai media komunikasi dan bisnis (corporate based Internet business communication, misalnya dengan virtual private network atau EDI over Internet) tidak dibahas dalam tugas akhir ini. Sistem-sistem perdagangan di Internet (SPI) berusaha untuk menyediakan sarana perdagangan di Internet yang mengatasi masalah-masalah keamanan tersebut.

Hingga awal tahun 1990-an, para pengusaha-pengusaha perusahaan hanya mengenal surat kabar, tabloid, majalah, radio, televisi dan bioskop, selain media luar ruang sebagai sarana beriklan. Di antara media ini, televisi merupakan media terbesar yang meraup dana iklan. Namun, seiring dengan makin meningkatnya kemajuan teknologi komputer yang antara lain dipelopori Intel Corp dan ditemukannya World Wide Web, sebuah sistem jaringan lebar (network-wide) hypermedia, peta periklanan dunia mulai berubah. Web merupakan media yang lebih mudah yang pernah ada bagi kepentingan bisnis untuk menyebarkan informasi dan meraih pelanggan dalam dunia Internet. Dengan membuat sebuah home page di dalam Web, Intel Corp dapat lebih mempermudah dan mengefektifkan komunikasi pemasaran melalui Internet dan mengirimkan pesan mereka ke seluruh dunia layaknya sebuah billboard raksasa di sebuah jalan tol informasi (information superhighway).

Dalam hal ini konsumen atau pelanggan potensial yang tertarik terhadap pesan yang ada di situs Web Intel Corp dapat memperoleh informasi produk atau jasa tertentu lebih jauh hanya dengan berpindah dari satu layar ke layar lain dengan mudahnya. Inilah yang disebut dengan Internet Advertising atau biasa disingkat “I-Advertising” yang kini dikembangkan oleh Intel Corp dan secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi periklanan atau beriklan di internet. Ada beberapa model periklanan di internet. Pertama, periklanan pasif. Disini pengiklan menempatkan informasi pemasaran dan periklanan di situs web mereka dan mengundang pelanggan potensial untuk masuk ke dalamnya dan memperoleh informasi secara cuma-cuma. Pengkomunikasian situs web dilakukan dengan cara memberikan alamat web perusahaan tersebut pada merchandising mereka.
Model yang kedua adalah pemasangan iklan pada situs web yang banyak dikunjungi oleh users. Seperti halnya media tradisional, pengiklan mendapatkan keuntungan dari banyaknya kunjungan ke situs web tempat pemasangan iklan. Bila pengunjung tertarik pada gambar yang ditampilkan pada banner iklan, maka diharapkan pengunjung situs tersebut akan merespon dengan mengklik banner dan surfing pada website pengiklan. Jenis-jenis iklan di internet pun beragam, dan bahkan, sejauh bentuk yang diinginkan oleh pengiklan dapat diakomodasi secara teknis, maka iklan tersebut dapat diwujudkan. Dengan biaya yang sangat murah, iklan dilihat oleh target audience yang berkualitas (berpendidikan tinggi, penghasilan menengah keatas) dan jangkauannya sangat luas (dalam dan luar negeri). Keefektifan Iklan di Internet yang secara khusus dilakukan Intel menunjukkan bahwa web advertising lebih efektif apabila dibandingkan dengan traditional advertising, maka keuntungan yang diperoleh Intel Corp adalah :

  1. Mencapai high quality customers, dinama web surfer pada umumnya berasal dari high income earners, educated person, technologically savvy.
  2. Konsumen yang benar-benar terfokus (targetted customers).
  3. Dengan menempatkan iklan atau promosi pada halaman Internet yang spesifik, maka perusahaan akan mencapai konsumen secara lebih spesifik.
  4. Iklan dapat termonitor dengan program khusus.

Seperti yang dikemukakan pengamat, iklan dalam Internet memang lebih efektif bila dibandingkan dengan media tradisional. Hanya saja, untuk konsumen atau pelanggan dari Intel Corp – pemahaman I-Advertising harus lebih dikomunikasikan, karena masih banyak perusahaan yang belum memahami pentingnya Internet sebagai sarana promosi dan komunikasi perusahaan. ————————-

Komunikasi Bisnis dan Rangsangan Visual

Beberapa pertimbangan dan analisa yang harus dilakukan CEO Intel Corp dalam mengaplikasikan Internet Marketing dalam manajemen pemasaran Intel Corp. Halaman muka site, yang merupakan bagian site yang paling penting untuk mengkomunikasikan pada calon pembeli atau konsumen apa yang ditawarkan dalam layanan atau produk Intel Corp. Apa yang akan mereka temukan, serta kemudahan apa yang menyebabkan mereka harus tinggal lebih lama dari lima detik di dalam site. Belakangan ini dengan semakin menjamurnya jumlah site, dan industri pesaing komputer maka perhatian orang dapat terbentang paling lama dalam jangka waktu sepuluh detik saja. Kadang otak seseorang menjadi sangat malas dan membutuhkan bantuan untuk men-stimuli tangan menggerakkan mouse menjalajahi suatu site. Manajer pemasaran Intel Corp harus dapat menjelaskan para newcomer menawarkan produk dan isi dari site, tunjukkan sesuatu untuk tetap mempertahankan interest terhadap navigasi site dan menggenggam perhatian mereka, misalnya dengan memutuskan untuk membuat sebuah site penjualan merchendise perangkat (lunak atau keras) komputer produk Intel Corporation. Apa yang dapat menarik perhatian calon konsumen atau pelanggan ke site tersebut? Tentu saja sebuah icon atau tampilan yang bisa menarik (menjadi daya tarik). Seorang bintang film yang cantik atau tampan mungkin dengan anggunnya mengenakan T-Shirts MU yang elegan dan tulisan “Gratis sebuah Kostum Original David Beckham setiap pembelian separangkat komputer lengkap Intel Corp”. Atau dengan “Welcome to Intel Corporation ” atau bahkan bila “Get to Meet David Beckham” dan sebuah quote “We can beat anybody, remember We’re the Treble Winners” dibawahnya. Manajer pemasaran Intel Corp ingin pengunjung merasakan berada di sebuah tanah ManUtd, dan hal yang selanjutnya yang ingin mereka dapatkan adalah “Gratis – Gratis dan Gratis” Dalam satu jangkauan klik mouse. Oleh karenanya atraksi visual selanjutnya adalah navigasi anda yang efektif membagi button menarik untuk di klik.

Pengunjung akan bergerak kepada informasi tentang apa yang akan anda tawarkan atau daftar produk anda. Secara efektif akan menuntun pengunjung tanpa disadarinya menjalajahi site dan bahkan berniat untuk berkunjung sekali lagi karena site sering diperbaharui secara daily basis. Ikon sangat mudah menarik perhatian pengunjung serta mengajak mereka untuk tetap membaca isi site. Apabila CEO Iintel Corp merasa judul kepala kurang menarik, coba perkuat dengan sebuah image.

Tampilan Iklan

Penataan iklan yang terkadang berlebihan menyebabkan pengunjung merasa terganggu oleh keberadaan mereka, sehingga bukannya mengklik iklan tersebut (yang mendatangkan keuntungan tentu saja untuk anda) mereka cenderung untuk keluar dari site. Namun iklan dapat kita gunakan untuk menarik perhatian pengunjung. Iklan kecil dan berwarna sebagai pengganti tulisan Yahoo! adalah contoh menarik pada website Yahoo! Kecil dan fast loading namun sangat menarik perhatian. Visibilitas navigasi juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan iklan kecil. Image ini dapat ditempatkan di daerah mana saja untuk menjaga pengunjung tetap di Hot Area.

Selain itu Manajer Marketing atau desain web Intel Corp selayaknya menjaga surfers untuk tetap senang, fokus, dan tertarik. Orang cenderung tidak membaca berton-ton tulisan, mereka membaca sesuai keinginan mereka, hanya jika sesuatu menyalakan pikiran mereka. Suatu fakta bahwa orang cenderung melihat gambar yang representatif yakni gambar senyum David Beckham yang akan membuat hidup mereka komplit. Oleh karena itu pastikan anda memberikan apa yang mereka inginkan, karena begitu kebutuhan mereka terpenuhi mereka takkan segan membaca kelanjutan dari senyum David Beckham secara teks base. Apabila manajer pemasaran Intel Corp dapat secara berkelanjutan menyajikan isi yang berkualitas berarti sudah unggul selangkah dalam persaingan bisnis internet

Saran:

Batasi penggunaan button terutama dari segi warna dan ukuran, karena itu akan menarik perhatian pengunjung pada button tersebut bukan kepada apa yang ada di baliknya. Navigasikan sesuai keinginan pengunjung serta ketertarikan untuk tetap meng-click. Jangan paksa pengunjung, seperti yang banyak digunakan site-site yang menawarkan seks dan software illegal.

Ada berbagai jenis navigasi untuk anda pakai pada sebuah site. Memilih yang paling tepat perlu anda perhatikan. Dengan sebuah navigasi sederhana, simple, menarik, menyenangkan, beranimasi, fun dan lain-lain. Tetapi yang penting adalah menggunakan navigasi yang benar untuk jenis website yang dikembangkan. Sebuah perusahaan multimedia mengembangangkan sebuah sistem navigasi bagi site-nya dengan sangat interaktif dengan animasi pada setiap elemennya serta suara yang menakjubkan. Navigasi yang sangat sesuai dengan image yang mereka tawarkan yakni sebuah perusahaan multimedia dengan ekspresi hi-tech mutakhir, mengkomunikasikan bagaimana interaktivitas terwujudkan melalui media mereka. tetapi bagaimana jika yang anda tawarkan adalah sebuah site tentang mesin pemotong jagung dengan pasar anda adalah petani yang mungkin baru saja bersentuhan dengan internet semasa hidupnya, seberapa menarik kiranya rollover bagi mereka? Ide utama apa yang akan ditawarkan bagi meraka para petani itu untuk tetap berada di site anda.

Ingatlah bahwa keinginan untuk tetap bernavigasi adalah yang hendak kita capai. Memasang gambar indah tanpa guna hanya akan mengemudikan pengunjung keluar dari isi yang kita hendak jaga. Sederhana saja yang petani itu inginkan adalah jenis dan kemampuan mesin pemotong rumput tersebut serta harga dan kemudahan yang mereka peroleh dari produk anda. Gunakan ikon seperlunya, yang bahkan tak perlu tulisan untuk mengenalinya, seperti gambar telpon untuk sebuah telephone, atau penunjuk arah untuk mencari sesuatu, dll.

Semakin besar site yang dikelola maka sebaiknya semakin kecil ukuran dan gambar yang ditempatkan karena semakin lambat loading sebuah halaman semakin besar potensi perginya calon kosumen. Site yang berkualitas lebih mementingkan ‘isi’ dari pada ‘desain’, kata kunci bagi navigasi site besar adalah cepat, mudah, dan nyaman. Dapatkan masukan dari temen, nenek, bahkan kucing anda, sebab masukan dari mereka cenderung lebih obyektif dan baik sebab pengunjung seperti merekalah yang akan mengunjungi site anda, bukan anda.

Pertahankan sistem navigasi yang berulang dan tidak berubah setiap pindahan halamannya, bayangkan navigasi yang kadang di kanan kadang di kiri dan kadang di atas, mengerikan bukan? Bila link ditempatkan di tempat yang sama di keseluruhan site user akan mudah mengidentifikasikan kemana harus meng gerakkan mouse mereka saat hendak terus membaca. Apabila CEO Intel merancang hal se-simple ini bagi seorang klien dan mereka tidak menyetujui, maka CEO Intel bisa menjelaskan pada mereka . Sebab web telah penuh dengan site dengan navigasi buruk.

Bagi banyak perusahaan, pemimpin perusahaan dan manajer pemasaran (seperti manajer pemasaran Intel Corp) menggunakan berbagai strategi pemasaran untuk mencapai quota penjualan mereka. Namun kebanyakan dari mereka, walaupun sudah memiliki situs web korporat, namun kurang menyadari pentingnya promosi melalui bantuan situs pencari.  Walaupun 86% dari mereka sering mencari informasi melalui situs pencari. Dan kalau ditanya ke para penerbit majalah, para ahli riset, wartawan, pelajar serta mahasiswa, pasti kebanyakan dari mereka sekarang memanfaatkan media online ini untuk melengkapi bahan mereka di media offline. Namun fakta-fakta yang dipaparkan ini memperlihatkan hal ini merupakan salah satu strategi promosi bisnis yang sangat efektif ditinjau ROI dari investasi yang dikeluarkan dan layak dimasukkan ke dalam bagian marketing mix“.  Cyber Atlas (sebuah lembaga analis pasar) melaporkan : 24 persen dari bisnis maya yang disurvei menyatakan bahwa mayoritas dari pengunjung mereka berasal dari bantuan promosi situs pencari, yang artinya ¾ dari mereka mendapat manfaat dari hasil optimisasi situs pencari. Itulah sebabnya jika situs web Intel.Corp tidak dioptimisasi maka Intel.Corp kehilangan peluang untuk menarik pengunjung yang “targeted” ini.  Kemudahan, kecepatan dan informasi yang relevan. Sekarang coba perhatikan rata-rata dari waktu yang konsumen gunakan untuk mencari suatu informasi di situs pencari maupun director web. Link dalam bentuk teks yang menempati suatu posisi atas di suatu situs pencari utama dapat mendatangkan kunjungan yang bersifat “targeted” ke situs Anda, yang dapat mendatangkan prospek dan akhirnya menjadi customer dari Intel Corp. Posisi yang bagus memang khususnya sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang menjual produk-produk dalam bentuk elektronik misalnya perangkat lunak. Namun sebenarnya bisnis apa pun dapat memperoleh manfaat yang serupa dari strategi pemasaran ini yang akan membantu memperpendek siklus penjualan Anda.

SOLUSI

SEO (Search Engine Optimization) adalah perpaduan antara seni dan sains. Dan ini membutuhkan kegigihan dan ketekunan, karena melakukan SEO itu cukup kompleks dan menghabiskan waktu. Namun dalam memasukkan SEO menjadi bagian dari “marketing mix” di perusahaan sehingga dapat membantu dalam memenej sebuah perusahaan.

Manfaat SEO

Situs pencari adalah perangkat pemasaran yang ampuh layaknya suatu direktori bisnis offline saja seperti halnya yellow pages. Sangat efektif karena sifat pengunjung adalah “targeted“. Prospek yang berkunjung ke situs Intel Corp adalah karena mereka dengan aktif mencari informasi yang mereka butuhkan mengenai produk dan jasa Intel.Corp. Jadi mereka sudah punya motivasi yang bagus apalagi ditambah setelah mereka mendarat di situs web perusahaan Intel.Corp. SEO merupakan teknik pemasaran yang sangat terjangkau ditinjau dalam segi biaya. SEO bisa menjadi sarana membangun merek yang pada saat yang sama mendatangkan pengunjung ke situs web Intel.Corp.

Efektivitas dari Link berupa teks pada situs pencari melebihi iklan banner dengan perbandingan 3:1 (tiga banding satu), demikian diberitakan oleh NPD Group. SEO dapat menghasilkan tingkat konversi prospek kepada customer yang cukup tinggi. Hasil dari analisa log file memperlihatkan bahwa para pengunjung yang datang melalui bantuan promosi situs pencari memiliki potensi lebih banyak dalam mendatangkan transaksi bisnis, registrasi dan download dari suatu perangkat lunak dibandingkan dari iklan banner, namun bersaing dengan email marketing berbasis Opt-In.

Intel.Corp, adalah perusahaan penyedia solusi sistem globalisasi, yang mendapatkan kontribusi penjualan melalui strategi SEO dan mendapatkan klien dari perusahaan-perusahaan besar berbasis multinasional walaupun hanya memiliki tim penjualan yang terbatas namun didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Bahkan beberapa kontrak bisnisnya bernilai enam angka dalam satuan dolar Amerika. Proyeknya berupa pengintegrasian situs-situs web, intranet dan ekstranet demi kemudahan para staf, klien dan mitra bisnis di seluruh dunia. Strategi SEO yang dilakukan perusahaan ini termasuk meluncurkan banyak situs penjualan yang kemudian dioptimisasi untuk situs pencari. Hal ini memang sangat bermanfaat, mengapa? Karena beberapa direktori web hanya akan memasukkan halaman utamanya saja.  Dengan lebih dari satu produk yang dijual, kemudian membuat banyak situs web untuk masing-masing produk merupakan strategi yang bagus untuk meningkatkan visibilitas di Internet demi meningkatkan penjualan.  Tantangan bagi Intel Corp adalah bagaimana melakukan ekspansi pemasaran ke dunia internet tanpa meningkatkan biaya untuk mengkonversi prospek menjadi kastemer. Kemudian perusahaan ini membandingkan tiga strategi pemasaran online, yaitu: Iklan banner, direct mail dan SEO. Sebelum melakukan SEO, data pada log file menunjukkan hanya 4 persen dari para pengunjung berasal dari situs pencari yang akhirnya hanya memberikan kontribusi penjualan kurang dari 1 persen. Kemudian dalam waktu enam bulan setelah melakukan SEO, 24 persen dari penjualan online DC ProDirect berasal dari para pengunjung yang datang dari situs pencari.  Berdasarkan perbandingan tiga media promosi yaitu iklan banner, direct mail dan SEO, perusahaan tersebut mendapati bahwa SEO memberikan rasio penjualan lebih tinggi secara dramatis. SEO merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on January 23, 2009, in Sistem Informasi Manajemen. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. fipiandriani

    like

  2. terimakasih,informasi anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: