TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

Kemajuan teknologi komunikasi sekarang mempuyai pengaruh pada perkembangan pengelolahaan data. Data dari satu tempat dapat dikirim ketempat lain dengan alat telekomunikasi untuk membentuk jaringan kerja komputer. Didalam sistem telekomunikasi “ jaringan kerja ( network ) “ digunakan bila paling sedikit dua atau lebih alat – alat dihubungkan satu dengan yang lainya.

Jaringankomputer ini memungkinkan tidak hanya oranisasi yang sama dihubungkan satu dengan yang lainya untuk pengiriman data, tetapi juga dengan organisasi yang lain dan bahkan langsung dengan pemasok dan konsumen. Pengiriman data secara tranmisi elektronik biasanya disebut dengan istilah komunikasi data ( data communication ), data perlu dikirim dari satu tempat ke tempat lain dengan beberapa alasan, diantaranya adalah:

1. Transaksi seiring terjadi pada suatu tempat yang berbeda dengan tempat pengelolahaan datanya atau temapat dimana data tersebut akan disimpan, sehingga data perludikirim ke tempat pengolahan dan dikirim lagi ke tempat yang membutuhkan informasi dari data tersebut.

2. Kadang – kadang leih efesien atau lebih efesien atau lebih murah mengirim data lewat jalur komunikasi, lebih- lebih bila data telah diorganisasikan melalui komputer, dibandingkan dengan cara pengiriman biasa.

3. Suatu organisasi yang mempuyai beberapa tempat pengolhan data, data dari suatu tempat pengolahan yang sibuk dapat membagi tugasnya dengan mengirimkan data ke tempat pengolahaan yang kurang sibuk

4. Alat – alat yang mahal.

Kebutuhan untuk Jaringan

Mengapa para manajer atau pekerja profesional lainnya di microcomputer perlu dikoneksikan ke suatu jaringan? Mengapa komputer-komputer kecil seringkali dihubungkan dengan mesin-mesin yang lebih besar? Mengapa printer-printer laser seringkali dihubungkan ke sebuah local area network (LAN)? Dalam pertimbangan kami, ada 4 alasan untuk jaringan itu.

Sharing Sumber-sumber Teknologi

Jaringan memungkinkan sharing atau pemakaian bersama sumber-sumber teknologi yang kritis (dan seringkali mahal) diantara berbagai macam sumber.

Sharing sumber-sumber juga penting untuk komputer-komputer yang lebih besar. Adalah cukup umum bagi komputer-komputer mainframe atau midrange untuk memakai bersama alat-alat cakram magnetik dan line printer atau laser printer berkecepatan tinggi. Lebih lanjut, wide area network (jaringan area yang luas) memungkinkan sharing sumber-sumber yang sangat mahal seperti super komputer.

Sharing Data

Bahkan yang lebih penting dari sharing sumber-sumber teknologi adalah sharing data. Baik LAN atau sebuah wide area network memungkinkan para pemakai jaringan untuk mendapatkan data-data (jika diotorisasi untuk melakukan hal semacam itu) dari titik-titik lain yang disebut nodes pada jaringan.

Pemrosesan Data Terdistribusi dan Sistem Client / Server

Dengan pemrosesan data terdistribusi, kekuatan pemrosesan didistribusikan ke banyak komputer di banyak tempat, yang mana saling terhubung melalui jalur-jalur komunikasi. Sistem Client / Server adalah varian dari sistem terdistribusi dimana kekuatan pemrosesan didistribusikan diantara sebuah sistem server sentral seperti sebuah mainframe, komputer midrange, atau stasiun kerja yang kuat dan sejumlah komputer klien, yang mana biasanya adalah desktop microcomputer. Dua keuntungan terpenting yang dirasakan dari sistem terdistribusi dan sistem client / server adalah penurunan biaya penghitungan karena pengandalan pada microcomputer yang efektif biayanya dan stasiun-stasiun kerja serta meningkatnya pelayanan dan daya tanggap terhadap pemakai-pemakai lokal, yang menghasilkan semangat lokal yang meningkat. Sebaliknya, biaya penghitungan yang menurun dari sistem client / server tidak selalu terwujud dan sistem tersebut tergantung pada jalur-jalur komunikasi berkualitas tinggi.

Komunikasi – komunikasi yang Diperbaiki

Jaringan memperbaiki proses komunikasi dalam suatu organisasi (dan antara organisasi-organisasi) dalam cara-cara yang penting. Contoh : jaringan telepon, e-mail, dan lain-lain.

Tinjauan Mengenai Telekomunikasi dan Jaringan

Jaringan – hubungan elektronik pada alat-alat yang tersebar secara geografis – adalah penting sekali untuk organisasi-organisasi modern.

Awalan tele – berarti beroperasi jarak jauh. Oleh karena itu telekomunikasi adalah komunikasi–komunikasi jarak jauh. Ada sejumlah istilah lainnya atau kependekan yang digunakan hampir secara kliru dengan telekomunikasi : komunikasi–komunikasi data, data-com, teleprocessing, telecom dan networking. Networking adalah hubungan elektronik yang dibutuhkan untuk mengerjakan telekomunikasi–telekomunikasi.

Untuk memulai suatu perhatian yang terperinci mengenai telekomunikasi, pertama-tama perhatikan fungsi-fungsi utama yang dilaksanakan oleh jaringan telekomunikasi. Yang paling jelas dari fungsi-fungsi tersebut adalah transmisi suara dan / atau data dengan menggunakan jaringan dan media yang mendasarinya. Processing melibatkan memastikan bahwa paket data atau pesan yang bebas dari kesalahan mencapai tujuannya yang tepat. Editorial melibatkan pemeriksaan untuk kesalahan dan meletakkan komunikasi ke dalam suatu format yang distandarisasi, dan conversion meliputi perubahan apapun yang diperlukan dalam sistem penyandian atau kecepatan transmisi ketika bergerak dari satu alat pada jaringan ke alat lainnya. Routing – pemilihan path atau jalur yang paling efisien – adalah sebuah tugas yang penting. Network control meliputi melacak status berbagai macam elemen (misalnya elemen-elemen mana yang sibuk atau tidak dapat digunakan). Interface antara jaringan dan pemakainya, interface ini akan memudahkan dan mengefisienkan bagi seorang manajer atau pemakai jaringan lainnya untuk pengiriman suatu komunikasi.

Elemen-elemen Kunci pada Telekomunikasi dan Jaringan

Untuk mengetahui apa pilihan-pilihan sistem bisnis yang anda butuhkan. Elemen-elemen kunci tersebut meliputi ide-ide dasar yang mendasarinya seperti sinyal analog versus sinyal digital dan jalur swicthed versus jalur privat, berbagai macam media transmisi tersedia, topologi (atau susunan yang mungkin) pada jaringan-jaringan, berbagai macam tipe jaringan, termasuk LAN dan wide area network, dan network protocols yang digunakan dalam jaringan-jaringan tersebut.

Sinyal Analog dan Sinyal Digital

Barangkali ide yang paling mendasar mengenai telekomunikasi yaitu sinyal-sinyal elektronik yang dikirimkan pada suatu jaringan mungkin berupa sinyal analog atau sinyal digital,tergantung pada tipe jaringannya.

Sinyal analog ini berfungsi bagus untuk transmisi suara, karena transmisi ini membutuhkan variasi-variasi yang signifikan yang disedikan oleh sebuah sinyal analog (seperti variasi-variasi dalam karakteristik percakapan manusia) dan tidak sensitif terhadap penurunan-penurunan kecil dalam kualitas sinyalnya. Sebaliknya, data-data komputer terdiri dari string atau binary digits (angka digit), atau bits – string atau rentetan dari banyak angka nol dan angka satu untuk mewakiliki karakter yang diinginkan. bentuk data komputer ini tidak terhubung secara baik dengan transmisi analog. Pertama, hanya dua sinyal yang berbeda – mewakili angka nol dan satu – yang perlu dikirimkan, dan kedua, data-data tersebut adalah sangat sensitif terhadap penurunan kualitas sinyal.

Dua solusi adalah mungkin untuk masalah-masalah pentransmisian data-data komputer. Solusi awal dan solusi yang tetap digunakan secara luas adalah mengkonversi data dari bentuk digital ke bentuk analog sebelum mengirimkannya pada jaringan telepon analog. Konversi ini dikerjakan dengan suatu alat disebut modem.

Solusi kedua dan merupakan solusi jangka panjang untuk masalah pentransmisian data-data komputer adalah mengembangkan digital network yang didesain secara khusus untuk mentransmisikan secara langsung angka nol dan satu.

Kecepatan Transmisi

Apakah sinyal tersebut adalah digital atau analog, pertanyaan dasarnya adalah kecepatan transmisi. Istilah-istilah seperti bandwidth, baud, dan herzt (Hz) digunakan untuk menggambarkan kecepatan transmisi, sementara suatu ukuran seperti bits ditransmisikan per detik (bit per second, bps) akan lebih bisa dimengerti. Untungnya, tiga istilah yang disebutkan di atas pada dasarnya adalah sama seperti bits per second dalam banyak keadaan. Bandwidth adalah perbedaan antara frekwensi tertinggi dan terendah (siklus per detik) yang dapat ditransmisikan pada sebuah medium tunggal, dan ini adalah suatu ukuran kapasitas dari medium tersebut. Baud adalah jumlah sinyal yang dikirimkan per detik, dan herzt (Hz) adalah siklus per detik.

Tipe-tipe Jalur Transmisi

Perbedaan dasar lainnya adalah jalur komunikasi private (atau dedicated) dan jalur swicted. Sistem switched-line ini biasanya berfungsi dengan baik untuk komunikasi-komunikasi suara. Komunikasi-komunikasi data bagaimanapun juga adalah lebih sensitif terhadap perbedaan-perbedaan dalam kualitas jalur daripada rute-rute yang berbeda dan untuk fenomena lokal lainnya, seperti badai listrik.

Satu cara untuk mengurangi tingkat error atau kesalahan adalah melalui jalur-jalur private. Sebagian besar jalur private adalah jalur fisik terbatas yang disewa dari sebuah perusahaan carrier (pengangkut) umum seperti MCI, Sprint, atau AT&T.

Ide dasar yang ingin kami perkenalkan adalah perbedaan antara transmisi simplex, half-duplex dan full-duplex. Dengan transmisi simplex, data-data dapat berjalan hanya pada satu arah. transmisi half-duplex, data-data dapat berjalan dalam dua arah namun tidak serentak (bersama-sama). Transmisi full-duplex memungkinkan data-data untuk berjalan dalam dua arah sekaligus, dan oleh karena itu menyediakan kapasitas yang lebih besar, namun lebih mahal daripada jalur-jalur half-duplex.

Media Transmisi

Ada lima media utama yang digunakan sekarang ini : twisted pair of wires, kabel coaxial, wireless, satelit (yang mana adalah bentuk khusus dari wireless), dan kabel serat-optik.

Twisted pair. Ketika semua penggunaan dipertimbangkan, medium transmisi yang paling umum adalah suatu twisted pair atau pasangan kawat yang dijalin. Tujuan untuk penjalian tersebut adalah mengurangi interferensi listrik dari twisted pair serupa di dekatnya. Jika banyak twisted pair yang merentang paralel untuk jarak yang jauh – seperti dari rumah tangga ke perusahaan telepon – adalah umum untuk membendelnya dan menutupnya dengan sarung pelindung.

Kabel coaxial atau coax untuk ringkasnya, adalah medium transmisi lainnya yang umum. Sebuah kabel coaxial terdiri dari kawat tembaga tebal ditengahnya, dikelilingi dengan bahan pengisolasi. Dua jenis kabel coaxial digunakan secara luas – baseband coax yang digunakan untuk transmisi digital, dan broandband coax yang digunakan untuk transmisi analog (Tanenbaum, 1996).

Baseband coax adalah mudah penggunaannya dan murah pemasangannya dan interface yang dibutuhkan ke microcomputer atau alat-alat lainnya adalah relatif murah.

Broandband coax menggunakan transmisi analog pada pengkabelan televisi kabel standar. Kecepatan transmisi yang tinggi adalah mungkin – sampai 550-mbps – pada jarak yang lebih panjang daripada yang dapat dilakukan untuk baseband coax.

Wireless. Sebenarnya wireless bukan suatu media transmisi. Wireless adalah sebuah teknolgi broadcast (penyiaran) dimana sinyal-sinyal radio dikirimkan ke udara. Komunikasi wireless digunakan dalam berbagai macam keadaan, termasuk cordless telephone, telepon seluler, wireless LAN dan transmisi gelombang mikro untuk suara dan data.

Satelit. Suatu variasi khusus dari transmisi gelombang mikro yang menggunakan komunikasi satelit untuk merelay (menyampaikan) sinyal-sinyal pada jarak yang sangat jauh. Salah satu aspek yang menarik, namun mengganggu adalah transmisi satelit adalah banyaknya atau lamanya penundaan dalam menerima sinyal karena jarak yang jauh dalam mentransmisikan ke atas sampai satelit geostasioner dan kemudian turun kembali ke bumi.

Serat Optik. Medium transmisi yang terakhir dan terbaru – pengkabelan serat optis – adalah medium yang sebenarnya, bukan teknologi broadcast atau penyiaran. Kemajuan-kemajuan dalam teknologi optik telah memungkinkan untuk mentransmisikan data dengan pulsa-pulsa sinar melalui serat gelas yang tipis atau silika yang difusikan.

Serat-serat optik jauh lebih cepat daripada media lainnya dan membutuhkan lebih sedikit ruang karena kabel serat optik mempunyai diameter yang sangat kecil. kabel-kabel serat optik jauh lebih aman karena kabel-kabel tersebut tidak memancarkan radiasi dan, maka sangat sulit untuk terbuka. Kabel tersebut juga sangat reliabel karena tidak dipengaruhi oleh gelombang aliran listrik, interferensi elektromagnetik, atau bahan-bahan kimia pengorosi di udara.

Topologi Jaringan

Ada lima dasar topologi jaringan – bus, ring, star, hierarchical atau tree, dan mesh – ditambah banyak sekali variasi dan kombinasi dari lima bentuk dasar ini.

Bus. Topologi yang paling sederhana adalah linier atau topologi bus. Dengan bus, sepotong kabel tunggal (coax,fiber atau twisted pair) dipakai bersama oleh semua alat-alat jaringan.

Ring. Topologi ring adalah serupa dengan bus kecuali bahwa dua ujung kabel dikoneksikan. Dalam kasus ini, sebuah kabel tunggal terhubung ke setiap alat jaringan, termasuk biasanya sebuah server file.

Star. Topologi star mempunyai sebuah komputer mainframe atau komputer midrange, sebuah server file (biasanya mikrokomputer) atau suatu private branch exchange (PBX) di pusatnya, dengan kabel-kabel (atau media dari beberapa tipe) meradiasi dari alat sentral ke semua alat jaringan lainnya. Desain ini adalah gambaran dari banyak konfigurasi komputer dari kecil sampai sedang, dengan semua stasiun kerja dan peripheral dihubungkan pada komputer midrange tunggal. Ini juga ditemua dalam LAN dan dalam jaringan-jaringan di seputar PBX. Keuntungan-keuntungan star meliputi kemudahan mengidentifikasi kegagalan kabel, karena masing-masing alat mempunyai kabelnya sendiri-sendiri.

Hierarchical atau tree. Topologi dasar keempat ini kadang-kadang disebut hierarchical star, karena beberapa penyusun kembali (penyebaran cabang-cabang di sekitar alat sentral), ini tampaknya seperti perluasan dari star. Konfigurasi jaringan komputer yang terbesar dan sangat besar adalah sebuah tree, dengan mainframe di puncak tree yang dikoneksikan (melalui saluran-saluran data) ke kontroler terminal seperti multiplexer dan barangkali ke komputer-komputer kecil lainnya.

Mesh. Dalam topologi mesh, sebagian besar alat dikoneksikan ke dua, tiga alat atau lebih dalam suatu pola yang agak tidak teratur yang menyerupai jaring atau sebuah mesh (mata jala).

Jaringan-jaringan yang lebih kompleks. Sekarang kesenangan dimulai karena lima topologi jaringan sebelumnya dapat dikombinasikan dan dimodifikasi dalam bermacam-macam jaringan yang membingungkan.

Tipe-tipe Jaringan

Sejauh ini kita telah memperhatikan dua elemen kunci pada jaringan telekomunikasi : media transmisi yang digunakan untuk mengirimkan komunikasi-komunikasi dan susunan atau topologi jaringan tersebut. tipe-tipe jaringan dapat digambarkan meliputi jaringan telekomunikasi komputer, jaringan private branch exchange (PBX), local area network (LAN), backbone network, wide area network (WAN), internat dan internet 2.

Jaringan Telekomunikasi Komputer. Sebuah jaringan telekomunikasi komputer adalah jaringan berasal dari sebuah komputer tunggal, sedang, besar atau sangat besar, atau sebuah kelompok komputer yang saling terhubung. Tipe jaringan ini biasanya disusun sebagai sebuah tree dengan kabel coaxial dan twisted pair sebagai medianya.

Jaringan PBX. Private branch exchange atau PBX telah ada selama bertahun-tahun, namun PBX digital sekarang ini mempunyai kemampuan-kemampuan ekstensif tidak dimiliki oleh pendahulunya. Sebuah PBX mempunyai beberapa keuntungan. PBX dapat mengkoneksikan semua, bukan hanya beberapa alat-alat telekomunikasi dalam sebuah gedung atau kampus. Dapat menggunakan perkabelan telepon yang ada, yang mana merupakan sebuah keuntungan utama. PBX dapat membawa suara dan data pada jaringan yang sama, dapat berkoneksi dalam cara yang transparan ke jaringan telepon eksternal, dan ini mempunyai kapasistas potensial yang mengagumkan sebesar lebih dari 1 gbps.

Local Area Network (LAN). Sebuah local area network (LAN) adalah sebuah local network yang pertama dan terkenal – ini sepenuhnya dimiliki oleh sebuah organisasi tunggal dan umumnya beroperasi dalam suatu area yang diameternya tidak lebih dari dua atau tiga mil. LAN adalah jaringan-jaringan data yang umumnya mempunyai kecepatan data yang tinggi sebesar beberapa juta bps atau lebih.

Wide Area Network (WAN). Organisasi yang tersebar secara luar dan lebih kompleks sekarang ini membutuhkan wide area network (WAN) juga disebut long-haul networks, untuk mengkomunikasikan suara dan data pada operasi-operasinya yang luas sekali. WAN berbeda dari LAN, dalam hal WAN merentang jauh lebih luas (seringkali keseluruhan negeri bahkan dunia), mempunyai kecepatan data yang lebih lambat (biasanya di bawah 2 mbps), dan biasanya dimiliki oleh beberapa organisasi (termasuk organisasi carrier dan organisasi pemakai). Di samping itu, sebuah WAN menggunakan transmisi dari titik ke titik (kecuali untuk satelit), sementara LAN menggunakan sebuah saluran multiakses (seperti bus dan ring).

DDD dan WATS. Cara termudah untuk mensetup WAN adalah mengandalkan pada pelayanan telepon negara biasa. Direct distance dialing (DDD) tersedia melalui perusahaan telepon lokal dan perusahaan carrier interlokal – AT&T, MCI, Sprint atau lainnya – dan dapat digunakan untuk komunikasi suara dan data antara dua tempat yang dilayani oleh jaringan telepon. Wide area telephone service (WATS) juga tersedia, dimana organisasi-organisasi biasanya membayar biaya bulanan untuk pelayanan telepon interlokal dengan menggunakan sirkuit suara biasa. WATS mempunyai keuntungan-keuntungan dan kerugian-kerugian yang sama seperti DDD. Namun, biaya per jam WATS agak lebih murah daripada DDD, namun konsumen membayar biayanya apakah dipakai atau tidak, sementara DDD hanya dibayar ketika digunakan.

Jalur-jalur yang disewakan. Alternatif lain yang seringkali cukup menarik adalah menyewakan jalur-jalur komunikasi dedicated (terbatas) dari AT&T atau perusahaan carrier lainnya. Jalur-jalur yang paling umum disewakan beroperasi pada kecepatan transmisi 1,544 mbps dan disebtu sebagai T-1 lines.

Value Added Network. Dengan alternatif-alternatif WAN yang digambarkan sebelumnya, organisasi pemakai bertanggung jawab untuk mengelola semua aspek pada fungsi telekomunikasi. Beberarpa bagian jaringan (T-1 line, kapasitas satelit) bisa disewakan dari sebuah perusahaan carrier, namun si pemakai harus menyesuaikan semua bagian bersama-sama, termasuk detail-detail seperti routing of communication, pemeriksaan error dan pengeditan, dan kecepatan serta konversi format dari data-data.

ISDN. Cara lain untuk mengimplementasikan WAN adalah integrated services digital network (ISDN). ISDN adalah sekumpulan standar internasional yang muncul di mana jaringan telepon negara menawarkan kemampuan-kemampuan telekomuniksi baru yang luas (termasuk transmisi serentak suara dan data pada jalur yang sama) kepda pemakai telepon di seluruh dunia.

ATM. Entry terbaru pada WAN juga LAN adalah ATM atau asynchronous transfer mode. ATM didasarkan pada ide packet switching yang digambarkan untuk VAN sebelumnya. ATM benar-benar tidak menggambarkan suatu teknologi transmisi kabel, seperti contentions bus atau token ring; ini adalah teknologi switching dengan kecepatan line dari 1,544 mbps sampai 622 mbps. ATM dapat digunakan dengan berbagai macam teknologi transmisi kabel yang beroperasi pada berbagai macam kecepatan.

Internet. Hampir yang akhir namun bukan yang terakhir dari tipe-tipe jaringan yang akan kita perhatikan adalah Internet yang ada di mana-mana. Internet dapat dianggap sebagai WAN raksasa, namun benar-benar jauh melebihi itu. Internet adalah suatu jaringan yang menggunakan TCP/IP protocol, dengan gateways (koneksi) ke lebih banyak jaringan yang tidak menggunakan TCP/IP protocol. Internet menyediakan empat dasar fungsi : surat elektronik, login jarak jauh, kelompok-kelompok diskusi, dan sharing sumber-sumber data.

DSL dan Cable Modem. DSL adalah suatu pelayanan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan telepon yang menggunakan kabel-kabel tembaga yang telah terpasang di rumah-rumah dan kantor-kantor; pelayanan ini menggunakan suatu skema modulasi yang rumit untuk memindahkan data-data melalui kabel tanpa mengganggu lalu lintas suara, yaitu pengubahan suara dari sebuah sambungan internet dapat menjadi aktif pada waktu yang sama pada sebuah kabel DSL tunggal. DSL kadang-kadang disebut teknologi “last mile” dalam hal bahwa teknologi ini hanya digunakan untuk koneksi dari sebuah stasiun switching telepon ke rumah atau kantor, bukan untuk koneksi antara stasiun-stasiun switching.

Koneksi kabel model adalah sangat bersaing dengan DSL dalam harga dan kecepatan.

Intranet. Suatu kelanjutan yang penting dari keberhasilan internet adalah penciptaan internet dalam banyak organisasi. Di sebagian besar kasus, suatu intranet terdiri dari backbone network dengan sejumlah LAN yang terkoneksi. Karena protocolnya adalah sama, organisasi tersebut bisa menggunakan software web browser, web crawler, dan web server yang sama sebagaimana digunakan pada internet; namun intranet tidak dapat diakses dari luar organisasi.

Internet 2. Dalam kenyataannya, internet 2 adalah bukan sebuah tipe jaringan, meskipun ini menjalankan jaringan dengan bandwidth yang sangat tinggi, ini adalah konsorsium nirlaba dari lebih 180 universitas, yang bekerja dalam kemitraan dengan lebih dari perusahaan teknologi terkemuka dan pemerintah Amerika Serikat untuk mengembangkan dan menyebarkan teknologi dan aplikasi-aplikasi jaringan yang canggih. Internet 2 diharapkan mempercepat penciptaan internet masa depan, “jalan raya informasi” yang sebenarnya. Tiga tujuan utama internet 2 adalah :

· Menciptakan suatu kemampuan jaringan utama untuk komunitas riset internasional.

· Memungkinkan aplikasi-aplikasi internet berdasarkan pada suatu Internet dengan kinerja yang jauh lebih tinggi daripada yang ada sekarang ini.

· Menjamin transfer yang cepat pada pelayanan jaringan baru dan aplikasi-aplikasi ke komunitas Internet yang lebih luas.

Network Protocol

Sebuah network protocol, sekumpulan aturan yang disepakati atau konvensi-konvensi yang mengatur komunikasi diantara elemen-elemen suatu jaringan atau lebih telitinya, diantara lapisan-lapisan atau tingkat-tingkat pada sebuah jaringan. Tanpa benar-benar menggunakan label protocol, kita telah menghadapi beberapa protocol, LAN, misalnya mempunyai tiga protocol yang diterima secara luas : contention bus, token bus dan token ring.

Physical layer. Physical layer adalah berkenaan dengan pentransmisian bit-bit (rentetan angka nol dan satu) pada sebuah saluran komunikasi fisik.

Data link layer. Agar data link layer berfungsi, data-data harus disampaikan kepadanya (dengan lapisan jaringan atau network layer) dalam bentuk frame-frame data sebesar beberapa ratus bit.

Network layer. Network layer menerima paket data dari transport layer dan menambahkan data-data header khusus kepadanya guna mengidentifikasikan rute yang dipakai oleh paket tersebut ke tempat tujuan.

Transport layer. Transport layer adalah end to end layer pertama yang dihadapi. Dalam lapisan yang lebih rendah (lower layer) pada model OSI, protocol-protocol adalah diantara suatu alat pengirim dan tetangga yang terdekat, kemudian antara tetangga dan tetangga terdekat, dan seterusnya sampai alat penerima dicapai.

Session layer. Melalui session layer, para pemakai pada mesin-mesin yang berbeda bisa menetapkan sesi-sesi diantaranya.

Presentation layer. Presentation layer, tidak seperti lower layer adalah berkenaan dengan informasi-informasi yang akan ditransmisikan daripada memandangnya sebagai suatu rentetan bit.

Application layer. Lapisan yang paling atas berhadapan dengan berbagai macam aplikasi berorientasi komuniksi yang luas yang tampak secara langsung bagi pemakai, seperti pertukaran data elektronik, transfer file, surat elektronik, pengontrolan lantai pabrik.

Transmisi data dengan menggunakan model OSI. Gambar 4-16 menyediakan suatu ilustrasi mengenai transmisi data berdasarkan pada model OSI. Pengirim mempunyai beberapa data untuk ditransmisikan ke penerima.

TCP / IP. TCP/IP atau transmission control protocol / internet protocol, bukan bagian dari model referensi OSI, meskipun ini secara kasarnya berhubungan dengan network layer dan transport layer. TCP/IP digunakan dalam banyak jaringan VAN private, termasuk VBNS+, serta UNIX dan sistem pengoperasi Linux dan dana Microsoft Windows. Yang terpenting, TCP/IP adalah protocal yang digunakan pada internet dan pada banyak intranet yang beroperasi di dalam organisasi-organisasi. Jadi TCP/IP, bukan OSI yang telah menjadi protocl standar de facto untuk jaringan di seluruh dunia.

SNA. Model referensi OSI dan TCP/IP jelas-jelas menggambarkan masa depan berkenaan dengan protocol-protocol jaringan, sebagaimana ditunjukkan sebelumnya. Untuk saat ini, bagaimanapun juga system network architecture (SNA) dari IBM masih merupakan suatu standart yang penting. SNA diciptakan oleh IBM untuk memungkinkan konsumen membangun jaringan pribadi mereka sendiri. SNA adalah sebuah protocol yang sangat rumit karena didesain untuk mendukung banyak sekali macam produk komunikasi IBM, metode-metode akes teleprocessing, dan data link protocol yang ada sebelum SNA.

Protocol-protocol lain. Ada sejumlah protocol jaringan lain, namun hanya satu dari protocol-protol tersebut adalah cukup penting untuk disebutkan. Banyak value added networks (VAN) menggunakan protocol X.25 untuk physicallayer, data link layer, dan network layer pada model tujuh lapisan. X.25 biasanya dipakai oleh ISO sebagai bagian dri model OSI.

PERAN YANG MELEDAK PADA TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

Operasi-operasi Online

Aktivitas-aktivitas dominan pada banyak organisasi sekarang telah ditempatkan secara online ke komputer melalui sebuah jaringan. Sistem reservasi yang dikomputerisasi adalah contoh lain pada penggunakan sistem online yang sangat diperlukan.

Konektivitas

Konektivitas adalah kata yang sangat populer diantara perusahaan besar Amerika Serikat dan internasional. Kebanyakan perusahaan besar (dan perusahaan yang lebih kecil) sekarang ini menyediakan suatu stasiun kerja pribadi kepada karyawan manajerial dan profesionalnya, dan stasiun-stasiun kerja tersebut dikoneksikan ke sebuah struktur jaringan (seringkali sebuah intranet) sehingga masing-masing karyawan mempunyai akses ke setiap orang, dan setiap sistem. Dengan siap dia mungkin perlu berinteraksi. Koneksitivitas ke orang-orang dan organisasi di luar perusahaan juga penting.

Pertukaran data elektronik dan perdagangan elektronik

Electronic data interchange atau EDI, akan dicakup dalam bab 7. Namun ini tentu saja bagian dari peran jaringan yang semakin penting. EDI adalah sekumpulan standard dan teknologi perangkat keras serta perangkat lunak yang memungkinkan dokumen-dokumen bisnis (seperti pesanan pembelian, faktur, dan daftar harga) ditransferkan secara elektronik diantara komputer-komputer di organisasi-organisasi yang terpisah.

Electronic commerce atau perdagangan elektronik adalah sebuah istilah yang luas yang menggabungkan penggunaan telekomunikasi apapun dan jaringan untuk mengadakan aktivitas-aktivitas perdagangan.

Pemasaran

Di samping perdagangan elektronik, telekomunikasi sedang digunakan untuk banyak proyek yang menarik dalam area pemasaran.

Industri Telekomunikasi

Ada tiga segmen utama pada industri telekomunikasi : (a) carrier, yang memiliki atau menyewakan bangunan fisik (pengkabelan, satelit, menara seluler, dan semacamnya) dan menjual pelayanan pentransmisian komunikasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya; (b) vendor peralatan, yang memproduksi dan menjual berbagai macam peralatan yang berhubungan dengan telekomunikasi termasuk perangkat lunak dan perangkat keras LAN, router, hubs, switch digital, multiplexer, telepon seluler, dan modem; (c) penyedia pelayanan, yang mengoperasikan jaringan dan menyampaikan pelayanan melalui jaringan atau menyediakan akses ke atau pelayanan lewat satelit.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on January 23, 2009, in Sistem Informasi Manajemen. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: