Ambisi, Positif atau Negatif

Dalam hidup, manusia perlu memiliki ambisi kuat untuk merubah hidupnya agar lebih baik. Ambisi mempengaruhi sikap mental positif pada diri seseorang yang dapat mencetus semangatnya menuju ke tangga kesuksesan. Ambisi adalah sumber kekuatan, begitu pakara psikologi menyebutkan. Begitu dasyatnya, ambisi dapat merubah kesengsaraan, kegagalan dan kekalahan menjadi kebahagiaan, kesuksesan, dan keberhasilan. Pada dasarnya ambisi dalam diri manusia memang bagus, selama ambisi itu dapat dikendalikan dengan baik.

Ambisi tidak sama dengan ambisius

Jika tidak, anda akan menjadi seorang yang ambisius. Patut dicatat, ambisius memiliki arti yang berbeda dengan ambisi. Umumnya, mereka yang ambisius memiliki minat dan keinginan yang menggebu-gebu pada suatu bidang. Dan biasanya mereka berperilaku egois dan menghalalkan segala cara demi mencapai keinginannya.

Ciri-Ciri orang ambisius:

a. Selalu bersedia bekerja keras demi mewujudkan ambisinya. Bagusnya orang yang ambisius, jika gagal tidak cepat putus asa. Mereka yang ambisius umumnya juga cerdik dan terkadang licik. Mereka pandai memanfaatkan waktu dan orang lain untuk kesenangan dan mencapai tujuannya sendiri.

b. Jika bekerja dalam tim ia ingin selalu menonjolkan ide-idenya. Ia ingin orang lain mengakui bahwa idenya lebih bagus daripada orang lain. Ia akan berusaha agar idenya lah yang diterima. Orang yang ambisius juga biasanya haus akan pujian. Dengan demikian jika idenya diterima ia berharap akan mendapat pujian dari sana sini.

c. Dalam setiap kesempatan seperti presentasi, meeting, seminar, dsb ia selalu dominan bicara. Di banding yang lain ia memang terkesan lebih banyak berbicara. Maksudnya tentu saja agar orang-orang yang hadir menyadari kelebihannya.

d. Jika ada orang yang lebih menonjol dari dirinya ia nggak segan untuk mengalahkan dengan caranya sendiri. Kadang ia nggak peduli cara yang diambilnya merugikan orang lain atau tidak, yang penting keinginannya dapat terlaksana.

e. Biasanya si ambisius juga selalu percaya diri. Ia yakin dan sangat percaya dengan kemampuannya, sehingga ia cenderung menganggap remeh kemampuan orang lain.


Bagaimana cara menumbuhkan sekaligus mengendalikan ambisi:

a. Milikilah tujuan yang jelas dan mengaculah pada tujuan tersebut dengan kemauan yang tinggi.

b. Tentukan kapan dapat bekerja untuk merealisasikan tujuan anda.

c. Bertindaklah dengan penuh optimisme dan singkirkan sikap pesimisme.

d. Jika gagal, pelajari penyebabnya. Jangan merubah tujuan hanya karena anda gagal.

e. Bekerja samalah dengan orang-orang yang dapat membantu anda. Eksploitasi gagasan anda untuk merumuskan tujuan yang jelas. Dalam hal ini sugesti dalam diri juga memberi kekuatan yang luar biasa dalam menumbuhkan ambisi.

f. Selalu berpikir positif. Ambisi yang positif menjauhkan anda dari rasa takut, iri hati, ragu-ragu, dendam, dan benci.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 5, 2009, in Artikel Motivasi, Interpersonal skill. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. ambisi…positif ato negatif..tergantung dalam kalimat seperti apa kata ambisi itu ditempatkan. ambisi unuk memperoleh kekuasaan misalnya, meskipun terdengar frontal tapi sebenarnya sifat ambisi mampu mendorong manusia untuk melakukan hal-hal yang mungkin melebihi apa yang ada. sifat ambisi mampu membuat seseorang menjadi tanpa kendali,menjadi sosok ambisius seperti apa yang dituliskan bapak. tapi semua tergantung dari manajemen diri sendiri. mampu atau tidaknya mengelola sifat tersebut untuk menjadi kearah positif atau negatif. kodrat manusia adalah memilih. maka berhati-hatilah untuk menjatuhkan pilihan. memang jalan kebaikan tak ada yang bertabur bunga , bertabur duri malah. tapi itu konsekwensi. bertabur duri pun jika dilewati dengan keikhlasan dan rasa syukur dengan yang ada akan menjadikan lebih indah dan bahagia. pasti…
    trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: