BOS BARU, SUASANA BARU, BAGAIMANA MENYIKAPINYA

Pada kondisi tertentu kadang anda dihadapkan pada kenyataan untuk merasakan kepemimpinan bos baru. Hal ini disebabkan antara lain bos yang lama dimutasikan atau pindah ke tempat lain. Atau bisa juga karena bos lama itu telah memasuki masa pensiun. Dengan hadirnya bos baru, kadang anda merasa canggung dan asing. Karena umumnya gaya bos baru berbeda dengan bos lama. Lalu, bagaimana caranya agar lebih mudah dalam bekerjasama dengan bos baru?

Kendala yang sering dialami :
1. Terkaget-kaget dengan gaya kepemimpinan bos baru
2. Merasa canggung dengan kondisi kerja yang berubah
3. Kurang bisa menyesuaikan diri dengan “gaya baru”, sehingga kita sering sekali melakukan kesalahan dalam bekerja
4. Tekanan kerja meningkat karena masuknya nilai baru dalam lingkungan kerja
5. Lebih parah lagi kita sering komplain atau protes terhadap perilaku bos baru baik langsung maupun tak langsung

Strategi efektif dalam “menghadapi” bos baru :
1. Banyak belajar dengan melihat situasi dan kondisi kerja yang baru berubah.
2. Mencoba untuk beradaptsi dengan nilai baru yang dibawa bos baru dalam lingkungan kerja kita.
3. Coba kenali lebih dekat Bos baru tersebut dengan memahami alam pikirannya, pandangan-pandangan atau rencana-rencananya, sehingga anda dapat menemukan irama yang tepat untuk bekerja sama dan efektifitas kerja
4. Cari Informasi mengenai “Dia”, tentang kebiasaan-kebiasaan lamanya, hubungannya dengan bawahan.
5. Jangan Sekali-kali membandingkan bos lama dengan bos baru, itu akan sangat mengganggu. Bisa jadi bos baru akan bertindak lebih keras terhadap hasil kerja kita. Dan kalau situasinya sudah emosional maka keputusan-keputusan yang keluar juga tidak rasional.
6. Jangan menunjukkan rasa keberatan, keengganan atau bahkan menolak ketika bos baru itu mendelegasikan tugas pada anda untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Ingat, selain kemampuan anda dalam menyelesaikan dan menangani pekerjaan, kemampuan untuk menyesuaikan diri dan membangun hubungan baik dengan bos juga sangat mempengaruhi penilaian bos terhadap anda. Tapi tentu saja semua ini harus anda lakukan dalam skala yang proporsional. Artinya jangan sampai anda terkesan sebagai ‘penjilat’ yang ingin cepat naik jabatan. Selamat bekerja sama dengan bos baru..!

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 5, 2009, in Artikel Pelatihan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: