Hal Biasa yang Luar Biasa

Sebagai anak buah tentu ada anda paham apa saja hal-hal yang disukai dan tidak disukai oleh bos dari anak buahnya. Hal-hal seperti menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak pernah bolos, memanfaatkan fasilitas dengan baik, tentu merupakan daftar hal yang disukai oleh bos anda. Tapi kalau anda jeli ternyata ada juga hal-hal yang kelihatannya sepele tapi mempengaruhi penilaian bos terhadap anda. Kalau mau tau, coba simak hal di bawah ini:

* Datang tepat waktu

Ingat, karyawan yang baik adalah karyawan yang selalu datang tepat waktu. Memang, pekerjaan yang mendesak dan dikejar ‘deadline’ kadang membuat anda terpaksa kerja lembur. Namun hal ini bukanlah alasan kuat untuk datang terlambat keesokan harinya.


* Bereskan meja anda

Walau terlihat sepele, meja yang selalu tampak rapih dan bersih akan membuat bos anda merasa nyaman melihat cara kerja anda.


* Berpakaian yang wajar

Memang masing-masing orang memiliki ‘style’ atau gaya berpakaian masing-masing. Namun biasanya seorang bos atau atasan lebih menyukai cara berpakaian anak buah yang sopan, rapih dan profesional. Ingat gaya berpakaian mencerminkan kepribadian anda.


* Informatif dan Inisiatif

Komunikasikan segala hal yang terkait dengan kerja kepada atasan, sehingga proses informasi tidak tertunda. Sehingga jika atasan perlu untuk mengambil keputusan dengan segera dapat dilakukan. jika bos tidak berada di tempat, berinisiatiflah menawarkan apa saja yang dapat anda tangani selama bos tidak ada di tempat. Jangan lupa untuk menyampaikan hal-hal penting yang terjadi di kantor selama bos tidak di tempat.


* Mandiri

Mengerjakan hal yang sepele seperti membersihkan komputer dan meja anda yang berdebu serta mengambil air minum tanpa meminta bantuan ‘office boy’ menandakan bahwa anda orang yang tidak terlalu bergantung pada orang-orang yang semestinya membantu anda. Jangan pernah berpikir bahwa anda ‘terlalu tinggi’ untuk mengerjakan hal semacam ini.


Memang rasanya hal-hal di atas terkesan sangat sepele dan tidak penting tapi kalau anda terbiasa melakukannya bisa menambah nilai plus anda di mata bos. Kalau nggak percaya, coba aja dari sekarang!

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 5, 2009, in Artikel Pelatihan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: