Melakukan Banyak & Lebih Baik

Pernahkan kita sadar bahwa dalam merangkai karir dan kehidupan ini anda diwajibkan menghasilkan sebuah pencapaian? Pernahkan anda menghitung selama anda hidup sampai hari sudah berapa pencapaian yang telah anda hasilkan? Pernahkah kita ukur, apakah kita melakukan lebih banyak setiap harinya atau lebih baik?? Mengapa setelah melakukan banyak hal, sampai saat ini, apakah anda masih saja berjuang untuk mencapai apa yang ada inginkan?? Dan mungkin saja keinginan itupun masih membuat anda bingung, apa sebenarnya keinginan saya dalam hidup??



Mega Proyek Kehidupan

Kehidupan anda saat ini layaknya sebuah mega proyek, yang hasilnya akan menentukan posisi anda di masa yang akan datang. Namun sayangnya tidak banyak orang yang menjadikan hidupnya sebagai sebuah proyek. Dan bahkan sebagian besar dari mereka sangat membenci ide untuk mengharuskan hidupnya mencapai sesuatu yang jelas, terukur dan berbatas waktu. Baginya, itu adalah sesuatu yang dapat mengundang stress.

Anda dalam hidup wajib untuk melakukan pencapaian, bahkan sudah menjadi hak anda untuk bisa menaiki tangga sukses tertinggi. Capaian itu akan mampu dilakukan dengan tepat, jika ada perencanaan yang jelas tentang apa yang ingin dicapai, terukur tahapan-tahapan dan syarat-syarat pencapaiannnya, serta ada batas waktu kapan anda akan mencapai tujuan tersebut. Hal ini memiliki implikasi bahwa anda harus bertanggungjawab atas apa nasib anda dan apa yang anda usahakan. Jika kemudian, anda merasa bahwa saat ini belum saatnya, mungkin umur menjadi pertimbangan, maka sebenarnya kebimbangan bisa jadi sedang melanda anda. Dan jika ditanyakan kapan waktu yang tepat untuk memulai, anda hanya bisa menjawab ”jika sudah saatnya”.

Terus terang kondisi ini jika dibiarkan, maka akan mengerogoti potensi anda untuk menyelesaikan proyek hidup anda dengan sempurna. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai, lupakan soal umur dan posisi anda saat ini. Saat anda merasa masih kuat, cepat, dan pikirannya cemerlang adalah momen dimana anda dapat memulai proyek hidup anda. Ingat!! Tidak ada kata terlambat.

Melakukan perencanaan yang baik atas apa yang ingin kita usahakan dalam hidup membuat anda merasakan bahwa saat ini anda dalam proses mencapai sesuatu yang lebih besar. Anda benar-benar menikmati pencapaian yang telah anda raih, meskipun hanya sebuah pencapaian kecil. Misalnya biasanya anda bangun pagi jam 7, namun pada malam harinya anda bertekat untuk bangun jam 5. dan ternyata berhasil. Nikmati pencapaian itu dan buatlah pencapaian itu sebagai sebuah motivasi untuk memperoleh hasil yang lebih besar. Seseorang yang mengetahui betul apa yang telag dicapainay sepanjang hidup memiliki kecendrunga untuk melakukan lebih baik (Doing Better)

DOING MORE BUT NOT DOING BETTER



Sebagian anda yang lain merasakan apa yang telah mereka capai saat ini belum bisa memberikan hasil yang memuaskan. Bahkan setelah mereka menambah porsi kerja mereka, namun hasilnya tetaplah sama. Apa yang dikerjakan dan diusahakan masih seperti jalan ditempat dan bukan lebih baik bisa jadi lebih buruk. Contohnya orang menambah porsi kerjanya pada malam hari, apa yang dia kerjakan adalah untuk mendapatkan uang lembur, dengan harapan dia mampu untuk menambah kas keluarga. Namun, ternyata alih-alih mendapat kelebihan pendapatan, ternyata usahanya itu membawa dampak pada kondisi kerjanya yang menurun, atasan menjadi kurang suka terhadapnya, produktifitasnya rendah, dan akhirnya dia diberhentikan dari pekerjaan. Nah, bisa dilihat bahwa sebenarnya dalam aktifitas sukses maka penncapaian paling berkualitas adalah melakukan lebih baik, bukannya lebih banyak. Anda mamu melkukan sebuah aktifitas dengan lebih baik, jika anda paham apa yang anda lakkan sebelumnya, dan segera melakukan penyempurnaan. Kekuatan analisis dan sensitifitas harus dikembangkan untuk melihat ukuran sebenarnya dari pekerjaan yang telah kitra lakukan.

Mulai saat anda membaca tulisan saya ini, segera anda lakukan hal-hal dibawah ini:

  1. Tentukan tujuan pencapaian anda. Dalam hal ini anda pasti memiliki tujuan dan keinginan. Namun karena belum tersistemasi dan masih berantakan di pikiran anda akhirnya susah menentukan mana yang harus dicapai terlebih dahulu. Karena itu, coba ambil sebuah kertas, tuliskan sesuka hati apa yang ingin anda raih dalam hidup. Tuliskan semuanya dan jangan dulu berfikir bagaimana mencapainya, tuliskan! Tuliskan! Tuliskan!
  2. Susunlah tujuan anda dengan lebih sistematis dengan memasukkannya dalam beberapa kategori mulailah dengan menulis kategori ”mudah”, lalu masukkan tujuan-tujuan hidup anda yang menurut anda mudah dicapai pada kategori tersebut. Selanjutnya tulis kategori ”cukup mudah”, Cukup Komplek, Komplek. Mengapa saya memakai kata komplek karena jika anda menuliskan kategori ”susah dan sangat susah”, bisa jadi bawah sadar anda akan benar-benar menganggap bahwa tujuan itu susah dicapai.
  3. Tentukan batas waktu anda mencapai tujuan tersebut. Apakah untuk kategori mudah 1-6 bulan, cukup mudah 6-12 bulan dan sebagainya. Perlu diingat pada langkah ini diperlukan ketegasan anda. Kerangka batasan waktu ini sangat penting dalam memberikan konsistensi sikap anda terhadap proses pencapaian tujuan.
  4. Rencanakan cara atau langkah untuk mencapai tujuan tersebut. Menentukan cara menjadikan anda menjadi pribadi kreatif. Bagaimana agar pencapaian dapat efektif dengan batasan waktu yang telah ditetapkan.
  5. Lakukan segera. Kita semua memiliki kemampuan yang mengagumkan untuk merajut mimpi, membuat cita-cita, dan menyusun rencana; tetapi semua kemampuan itu tidak pernah lebih kuat daripada kemampuan kita untuk menunda. Maka, jika rencana telah baik segera berbuat, lakukan dan jangan ditunda.

Pencapaian kecil setiap hari, namun memiliki opsi doing better akan membuat anda menjadi pribadi yang senantiasa menikmati hidup. Karena anda telah melakukan pencapaian penting setiap harinya. Karena itu, impian besar jika tidak dilakukan dan dikerjakan mulai dari yang kecil, maka akan hanya tinggal menjadi impian. Sukses Untuk anda

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 5, 2009, in Artikel Motivasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: