Selling Point Pelayanan

Saya masih sangat ingat pada saat memberikan training di beberapa lembaga bisnis, selalu saya tanyakan pada peserta, lebih nyaman mana ”dilayani” atau ”melayani”, maka jawabannya Andapun mungkin sama (mungkin juga tidak) yaitu saya merasa nyaman, senang, bahagia ketika saya dilayani oleh orang lain, ”seperti Raja” kata mereka. Hal inilah yang ingin saya luruskan, bahwa dalam memberikan pelayanan maka mentalitas berfikir untuk dilayani seringkali masih ada dan bahkan lebih kuat melingkupi setiap sisi dalam aktivitas pelayanan kita pada konsumen. Sebenarnya jika kita mau sedikit berempati terhadap bawah sadar kita, manfaat kita ketika memberika pelayanan sungguh begitu positif, bukan saja untuk lembaga Anda, namun efek sentuhan pertama adalah pada diri anda sendiri. Lalu apa yang bisa didapatkan dari aktivitas pelayanan:

No. 1 : Greater Job Satisfaction

Hanya sedikit sekali orang yang mendapatkan kepuasan bekerja disaat mereka berpikir bahwa waktu yang mereka alokasikan untuk bekerja itu ”sia-sia”. Kebanyakan kita butuh untuk merasa berguna dan produktif-untuk memberikan perbedaan. Dalam memberikan pelayanan yang berkualitas bagi pelanggan, anda akan merasakan bahwa anda membuat suatu perbedaan yang akan memacu kebanggaan anda dalam bekerja. Saat anda melakukan pekerjaan yang baik bagi pelanggan, misalnya saat anda menangani pelanggan yang kecewa dan komplain, anda merasa gembira karena telah ”memperoleh” sesuatu. Tetapi yang terpenting dibandingkan persepsi anda adalah persepsi pelanggan, saat anda melakukan pekerjaan yang baik dengan pelanggan dan mereka mengatakan kepada anda apa yang telah anda capai.

Feedback/Umpan balik tersebut akan sangat membantu anda merasa denang/gembira dengan diri anda sendiri serta apa yang telah anda kerjakan. Melakukan pekerjaan yang baik dan mendapatkan kebanggaan dalam melayani pelanggan adalah cara untuk menghindari kebosanan perasaan sia-sia akan pekerjaan.

No. 2 : Reduced Stress & Hassle

Belajar untuk memberikan pelayanan yang berkualitas bagi pelanggan akan menghindari anda dari stress dan ketegangan. Ketika anda belajar dan menggunakan keterampilan pelayanan prima, anda terhindar dari keadaan yang kurang menyenangkan dan mengenakkan saat berinteraksi dengan pelanggan. Anda telah membuat anda terhindar dari kemarahan/kegusaran pelanggan. Itu karena keterampilan pelayanan prima menjaga pelanggan dari kemarahan dan kekecewaan, dan membantu mengurangi durasi dan intensitas kemarahan ketika dan jika situasi yang sulit (service breackdown) terjadi.

No. 3 : Enhanced Job Success

Mempelajari dan mempergunakan teknik pelayanan yang berkualitas bagi pelanggan akan membantu membangun persepsi yang baik dari orang-orang yang dapat membantu karir anda – supervisor, manager bahkan potensial pemberi kerja. Dengan menggunakannya, anda akan nampak ”baik” bagi setiap orang: dimana hal ini menjadi sangat kritikal dari mendapatkan promosi, kenaikan gaji dan mendapatkan kesempatan pekerjaan yang lebih baik. Manajer dan Supervisor cenderung akan memperhatikan, saat pelanggan meminta anda secara spesial dan hanya dengan anda, karena anda telah melakukan pekerjaan dengan baik serta melayani pelanggan dengan prima.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 5, 2009, in Artikel Pelatihan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: