Pencapaian Tanpa Batas

Ada yang selalu saya ingat setiap saya menghadiri pelatihan motivasi. Dimana selalu ada sebuah film inspiratif yang ditunjukkan oleh trainer ataupun fasilitator tentang penjuangan seseorang dengan kebutuhan khusus (cacat) yang mampu menjadi pribadi luar biasa, yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh orang yang normal sekalipun. Film tersebut memberikan gambaran bagaimana proses belajar, penyesuaian diri dengan kondisi yang terbatas, samapi dia mampu untuk mandiri menjadi pribadi yang mengubah persepsi tentang kemampuan yang tadinya dianggap manusia kelas dua, namun mampu menunjukkan hasil yang bisa jadi lebih hebat daripada mereka yang hidup normal. Lalu, kata-kata motivatif yang selalu saya dengan adala, ”jika mereka bisa, mengapa anda tidak, Why not?

Apa yang membuat seseorang menjadi hebat dimata msayarakat adalah bagimana kemampuan dia dalam menembus batas-batas kemampuannya untuk mendatangkan hasil yang tidak sama sekali pernah terfikirkan oleh orang lain. Mereka mampu menembus batas kemampuannya, dan menjadikan keterbatas itu sebagai cara untuk memaksimalkan apa yang dimiliki. Karena kesadaran yang tinggi bahwa Tuhan pasti menciptakan manusia dengan bekal yang lebih dari cukup untuk menjadi hebat. Persoalan apakah manusia itu sadar dan mensyukuri itu adalah kewajiban anda dan saya untuk mengeksplorasinya.

Saat anda meminta jawaban atas apapun pertanyaan anda yang menantang anda untuk meraihnya, selalu tanamkan sikap mental positif untuk selalu menjawab. Why not? Apakah saya harus sukses, harus kaya, dihormati, bertempat pada kualitas yang baik, bermanfaat bagi lebih banyak orang, why not? Kerangka mental untuk selalu tumbuh akan menimbulkan semangat pada anda untuk menjadi sesuatu.

Hambatan yang selalu timbul adalah bagaimana kita selalu memandang lebih pada kekurangan dan persyaratan yang tinggi untuk meraih sesuatu. Banyak pribadi yang selalu dihantui dengan perasaan kekurangan yang selalu menghantui dirinya setiap waktu pada saat ingin membuat sebuah pencapaian. Cermin diri yang begitu buruk membuat pribadi merasa lemah, tidak percaya diri, dalam konteks ini apapun yang dimilikinya adalah kutukan yang dia dapatkan dari keluarga dan lingkungan. Untuk itulah, maka untuk menjadikan anda mampu mencapai anda seutuhnya maka, anda harus mengendapkan perasaan tersebut, dan mencoba untuk menjalani sesuatu yang lebih bernilai positif. Selain itu, ada beberapa pribadi yang menetapkan syarat yang sangat tinggi untuk mencapai sesuatu sehingga dia puas untuk mengatakan saya tidak mampu, karena pencapain itu sangat mustahil dicapainya. Pribadi ini selalu mempunyai sejuta alasan untuk menjadikan sebuah tujuan sangat berat untuk dicapai, dan dengan itu pula dia meminta lingkungan untuk mengasihi keadaannya. Dengan demikian, anda akan melihat pribadi ini akan sangat tergantung pada lingkungan. Sehingga ketika ditanya, ”apakah anda bisa”, maka jawaban paling logis yang diucapkan adalah ”yah, tergantung…”

Bagaimana dengan sahabat-sahabat kita yang dianugrahi Tuhan dengan keadaan yang tidak sempurna. Saya pernah berkunjung di sebuah pusat rehabilitasi, dimana mereka dibina untuk siap mandiri dan memiliki arti di mata masyarakat. Sebenarnya kondisinya sama juga seperti kita, ada sebuah ketakutan dalam diri mereka, dengan keadaan saat ini mereka tidak akan pernah bisa menjadi sama atau bahkan lebih baik daripada sahabatnya yang hidup normal. Merekapun menginginkan untuk mampu mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Namun, untuk itu terkadang ada sekat, yang tidak hanya diciptakan oleh dirinya namun juga oleh lingkungan yang sejujurnya belum siap untuk bergaul dan berinteraksi dengan mereka. Hal inilah yang menjadikan mereka memiliki sebuah keinginan mulia, untuk menjadi sesuatu, dari apa yang terbatas, dan kesadaran bahwa mereka yang normal pun hidup dengan keterbatasan. Siapapun yang mampu mengunakan yang terbatas ini dengan tepat dengan cara-cara yang luar biasa, aka mendapatkan hasil yang besar. Untuk itu, maka sadarilah bahwa sebenarnya anda dan saya hidup dalam keterbatas, terbatas umur, terbatas waktu, terbatas sumber daya. Untuk itu, mari ciptakan sesuatu yang memuat orang lait terkejut, takjub, dan kemudian menghargai kita dengan jujur.

Para orang-orang berkebutuhan khusus diatas menunjukkan kesadaran pada anda dan saya. Bahwa apapun kondisi anda dan saya saat ini, masih ada pencapaian besar yang mampu kita wujudkan. Saya ingin tanyakan berapa lama anda akan hidup, apa yang akan anda lakukan dengan sisa hidup anda, berapa banyak waktu anda tersisa, bagaimana anda mampu memanfaatkan setiap waktu itu dengan penuh makna, apa yang ada dalam diri anda sekarang, apa yang anda miliki, kembangkan, fokuskan, buatlah orang lain dan lingkungan terkejut terhadap apa yang anda hasilkan.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 9, 2009, in Artikel Motivasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: