Sadari Bahwa Anda Itu Hebat

Ada yang menarik dalam mengawali tulisan ini. Saat setiap waktu anda selalu menemukan bahwa sebagai pribadi diharuskan untuk mengambil keputusan. Bukan hanya pada saat ingin mencapai tujuan, namun dalam proses pencapaian tujuan tersebut akan semakin banyak keputusan yang harus anda ambil. Hal tersebut adalah keniscayaan, bagaimana anda dituntut untuk selalu sadar untuk membuat keputusan-keputusan yang terbaik dalam waktu yang sangat terbatas.

Tidak setiap pribadi menyadari bahwa mereka adalah pemimpin yang sangat hebat. Ketidaksadaran itu lebih pada pemaknaan bahwa apa yang dilakukannya adalah hal biasa saja, tanpa tahu apakah hal tersebut akan merubah dirinya untuk menjadi lebih baik atau lebih buruk. Ketidaktahuan ini jika dibiarkan berlarut-larut akan menjadikan pribadi terkotakkan oleh dunianya yang biasa-biasa. Inilah yang menjadikan banyak pribadi yang lebih suka berbuat apa adanya, berperilaku biasa-biasa saja, tanpa ada keinginan yang sangat kuat untuk melakukan sesuatu yang berkualitas. Jika pribadi ini menyadari bahwa dia adalah seorang calon pemimpin dari sebuah generasi hebat, maka mungkin akan banyak pribadi yang tidak akan merasakan keputusasaan, kegundahan, dan kebingungan dengan keadaannya saat ini.

Untuk itulah maka sebenarnya tekanan sosial yang anda rasakan saat ini bisa jadi adalah kesalahan anda dalam mengambil keputusan dalam proses hidup. Keputusan yang benar adalah keputusan yang selalu diambil atas dasar kesadaran akan pemenuhan pribadi untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Keputusan yang benar akan mungkin akan diambil jika pribadi memiliki cukup ilmu, informasi dan juga pengalaman. Inilah mengapa bahwa pengalaman akan mengajarkan anda sesuatu, yaitu membuat kepusan yang tepat. Ruh pribadi yang bersifat pembelajar akan memiliki data base ilimu dan pengalaman untuk mendapatkan keputusan terbaik setipa harinya. Dengan itu pula maka, pengalaman baru yang tentu saja akan didapatkan setiap harinya.

Sadarkah anda, bahwa sebenarnya ilmu anda bertambah setiap harinya. Tugas anda adalah memilah dan memilih ilmu mana yang akan anda simpan di otak anda apakah yang baik atau yang buruk. Inilah yang disebut universitas hidup, da bisa jadi anda akan diwisuda setiap harinya, karena pencapaian anda yang mampu mendatangkan kebaikan bagi lebih banyak orang. Namun, ternyata tidak setiap pribadi memiliki perpektif yang sama dalam memandang ilmu. Contoh sederhana, bagaimana seseorang melihat mengapa seseorang yang kedinginan itu menggosok-gosoknya tangannya, sebagai ilmu, namun hal itu tidak diliha sebagai sebuah hal yang luar biasa bagi pribadi yang lain. Untuk itu, cobalah untuk selalu menjadi pribadi yang terbuka, mampu memimpin ego, meletakkannya tidak lebih tinggi dari apa yang anda pahami dan anda mengerti. Dengan demikian, anda memiliki ruang yang cukup luas untuk memasukkan setiap ilmu dari lingkungan.

Hari ini, saya mendapatkan beberapa pelajaran yang bisa menjadi tambahan ilmu bagi pembaca semua:

1. Apa yang anda rencanakan tidak selalu terpenuhi secara menyeluruh, perlu adanya penyesuaian dalam proses pencapaiannya. Apa yang telah saya rencanakan hari ini, beberapa mampu saya lakukan dengan baik, seperti bangun jam 4 pagi, menyiapkam materi seminar, dll, namun ada sebagian yang kemudian mengharuskan saya harus memutuskan untuk merubah perencanaan karena situasi dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Saya tidak bisa menemui mahasiswa yang meminta konsultasi pada jam 11.00, karena tanpa ada pemberitahuan, jadwal seminar diperpanjang sampai 13.00. Saya kemudian mengirimkan SMS pada mahasiswa tersebut, untuk menemui saya tidak dikampus, namun ditempat seminar pada jam 13.30 wib.

2. Keputusan yang dilakunan dengan penuh kesadaran dan keikhasan akan memuat semuanya menjadi lebih ringan dan sangat mudah. Pada saat saya menunda pertemuan samapai 13.30 maka akan lebih banyak waktu yang saya perlukan. Sehingga membuat jam istirahat saya menjadi berkurang. Namun pada saat kesadaran akan konsekuensi itu dihadirkan dan cara anda membuat keputusan dengan gembira, maka anda melakukannya dengan lebih mudah.

Pribadi yang mampu mengelola setiap keputusan akan membuat perubahan kecil setiap harinya, perubahan kecil tersebut akan menjadikan akumulasi perubahan yang besar. Disaat waktu itu hadir, maka akan ada sebuah lompatan besar dalam hidup anda, bukan oleh sebuah keputusan dan kesempatan besar, bukan oleh keberuntungan yang selalu ditunggu seperti durian jatuh, namun oleh keputusan terbaik yang anda ambil setiap harinya. Sukses untuk anda.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 9, 2009, in Artikel Motivasi, Artikel Pelatihan, Kepribadian Manajerial. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: