Cermerlang Untuk Membahagiakan

Salam sukses untuk anda. Apakah anda merasakan bahagia hari ini atau apakah anda benar-benar pantas untuk bahagia hari ini. Hari ini tepat, 14 Februari yang menurut sebagian pribadi merupakan hari kasih sayang. Bukan bermaksud untuk meragukan perasaan hati anda hari ini, namun seringkali tidak setiap pribadi mampu mendefinisikan dengan tepat perasaan hatinya apakah bahagia, sedih, gembira, gundah atau yang lainnya. Hal inilah yang membuat kita sulit untuk menentukan sikap, gamang dalam mengambil keputusan, selalu ragu untuk melangkah, bukan karena anda tidak mampu, namun bisa jadi anda sulit untuk mendefinisikan bagaimana perasaan hati anda pada saat itu.

Baiklah, sebelumnya saya ucapkan selama pada sahabat yang hari ini ikut merayakan dan merasakan kegembiraan dan kebahagiaan dengan memberikan kasih sayang pada orang lain. Untuk itu biarkanlah rasa itu mengaliri ruh anda, tidak usah bersusah payah untuk menepisnya dengan mengatakan, “ah… biasa saja”. Inilah yang menjadikan anda benar-benar merasakan warna dalan mencukupkan kualitas pribadi anda. Mengapa demikian?

Cobalah untuk mengingat lagi, bagaimana sikap seorang pemimpin yang tidak memiliki kasih sayang pada bawahannya. Seolah kantor adalah sebuah pabrik, dan karyawan sebagai mesinnya, sehingga yang ada hanyalah suasana yang selalu sama, dingin, hubungan interpersonal yang buruk. Bandingkan dengan pimpinan yang memiliki kasih sayang, dalam kantor selalu muncul kritik yang disampaiakan secara arif dan membangun, komunikasi yang selalu penuh dengan keterbukaan, pemberdayaan dan delegasi tugas yang baik. Suasana inilah yang membentuk sinergi tim yang solid.

Sejujurnya kita tidak sedang membahas tentang Valentine Day, karena sejatinya anda dapat memberikan kebahagiaan dan kasih sayang itu setiap hari dan setiap orang. Memberipun tidah hanya bentuk coklat dan benda berwarna merah muda, namun anda tersenyum, memberikan nasehat, melayani konsumen, melakukan kinerja yang baik di sukses, selama apa yang anda berikan mampu memberikan motivasi dan kegairahan bagi orang lain apa salahnya jika anda menjadi bahagia setiap hari. Implikasinya jika anda bahagia setiap hari, maka akan lebih banyk orang akan mampu tertular oleh aura kebahagiaan anda.

Berbicara tentang bahagia, sebagian orang menyatakan bahwa untuk meraihnya terkadang kita harus merasakan sakit dahulu. Bagi sebagian orang, kebahagiaan itu merupakan hal yang sangat jauh untuk diraih, bahkan untuk lebih cepat diraih, mereka memperpendek umur dengan sengaja. Sungguh sebuah hal yang membuat kita berfikir ulang tentang makna sebuah kebahagiaan bagi seseorang. Inti dari itu semua adalah bagaimana setiap pribadi mampu menepatkan dirinya selalu lebih menang dari egonya. Melakukan kontrol diri untuk tidak merasakan sakit disaat proses pencapaian kebagaiaan itu berjalan. Karena sebenarnya andapun mampu meraih kebahagiaan itu dalam proses. Bukan hanya pada saat tujuan itu tercapai.

Mengapa saya ingin membahasnya, sebab anda dan saya sebenarnya terjebak dalam labirin yang tidak pernah ada ujung pangkalnya. Disaat kita mendapatkan sesuatu, kitapun bersiap untuk melepasnya untuk sesuatu yang lainnya. Disaat sesuatu yang lain itu tidak kita miliki, maka kita kehilangan. Maka sebenarnya, saat kehilangan ini banyak orang memaknai sebagai aktifitas pengorbanan. Sebetulnya, penahkan anda benar-benar berkorban, atau keadaan yang membuat anda harus berkorban. Pertanyaan yang cukup membuat saya dan anda sadar, mengapa untuk meraih kebahagiaan selalu ada pengorbanan, dan apakah anda juga sadar bahwa pengorbanan selalu diawali dengan keterpaksaan (no choice). Mengapa anda tidak memaknai pengorbanan itu sebagai sebuah kebahagiaan kecil yang mampu membuat anda selalu nampak cemerlang dihadapan orang lain. Jika anda melakukannya, sebenarnya tidak pernah ada kata pengorbanan, atau kegagalan, sebab anda telah merasakan kebahagiaan. Anda benar-benar menikmatinya.

”jadikan kualitas diri anda untuk tidak melepaskan kebahagian untuk mendapatkan kebahagiaan lain, dan buatlah anda cemerlang untuk selalu membuat orang lain bahagia, karena itulah kebahagiaan terbesar anda”

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 13, 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: