Tranformasi Zaman dan Bisnis Kreatif

Salam sukses, sahabat bisnis.

Adakah anda semua merasa bahwa sedang ada perubahan besar saat ini? Untuk itu, bagi anda yang tetap ingin eksis maka perkuatlah kualitas bisnis anda dengan mengakomodasi setiap perubahan. Saat saya menuliskan kata perubahan maka semua andapun sepakat bahwa itu ada, namun terkadang kita tidak jeli untuk melihat apa sebenarnya perubahan yang terjadi dan bagaimana bisnis anda mampu menyesuaikan diri untuk berhasil. Karena jika demikian adanya sebetulnya anda sedang mengikuti arus yang salah, yang sarat dengan pusaran-pusaran persaingan yang tidak berkualitas, yang menjadikan bisnis anda berjalan ditempat dan mungkin tidak akan bias bertahan dalam terpaan perubahan besar ini.

Secara global, lingkungan dunia usaha saat ini berada dalam masa transisi dari era revolusi industri menuju era revolusi informasi dan komunikasi. Komunikasi informasi makin bermutu dan makin cepat menyebabkan perubahan lingkungan yang cepat, dinamik dan rumit. Perubahan tersebut tidak hanya bersifat evolusioner, namun seringkali bersifat revolusioner. Pada saat ini terjadi perkembangan teknologi dalam tiga sektor utama yaitu (1) teknologi transportasi; (2) teknologi manufaktur; dan (3) teknologi informasi dan komunikasi

Perkembangan teknologi transportasi memungkinkan produk yang berupa barang dan jasa mengalir dari bagian dunia yang satu ke bagian dunia yang lain dengan jumlah relatif besar, dalam waktu relatif singkat serta dalam harga yang relative murah. Dalam bidang teknologi pemanufakturan timbul teknologi pemanufakturan maju (advanced manufacturing technology). Perkembangan teknologi ini didorong oleh dan mendorong persaingan global. Dalam persaingan global, konsumen menginginkan produk yang bermutu tinggi, sangat fungsional, dan berharga murah.

Perkembangan teknologi informasi yang cepat, misalnya komputer, serat optik, satelit, dan sebagainya, memungkinkan manusia untuk memperoleh informasi dari lokasi yang jauh di belahan dunia lain dalam waktu singkat, mutu tinggi, dan biaya murah. Oleh karena itu era sekarang ini juga acapkali disebut era internet. Dengan demikian, manusia, termasuk manajemen, dapat menggunakan informasi tersebut untuk pembuatan keputusan. Selain itu, teknologi informasi memungkinkan para pelanggan (pelanggan akhir dan industri sebagai pembeli produk antara) untuk memperoleh produk dan jasa terbaik yang diinginkan baik dari pasar dunia maupun dari pasar dalam negeri. Para pamasok yang semula hanya menghadapi para pesaing lokal sekarang harus dapat bersaing secara global. Perubahan teknologi ini telah menyebabkan perubahan dahsyat, misalnya dalam bidang marketing, di mana telah muncul cyber marketing, perdagangan melalui internet, yang umum dikenal dengan nama E-Commerce merupakan konsep bisnis yang tampaknya telah (akan) menjadi model yang lazim (meskipun sekarang masih terbatas pada kalangan tertentu). Dalam transaksi pembayaran juga telah memunculkan mekanisme cybercash, cenderung bersifat documentless. Ditinjau dari sisi pengauditan, timbul masalah objektivitas, karena audit trail menjadi lebih rumit.

Pada era revolusi informasi perubahan dominasi pasar akan berlanjut karena pasar akan makin didominasi oleh para konsumen yang makin demanding atau cerewet, yang tidak puas dengan barang produksi massal. Dengan demikian terdapat kecenderungan proses produksi massa berbalik arah berturut-turut ke large batch products, small batch products bahkan ke custom products.

Fenomena ini membawa dampak yang sangat signifikan dalam gerak langkah binis perusahaan. Perubahan paradikma dalam mendefinisikan program marketing yang jitu dalam mengabil ranah yang tepat agar produk dan jasa dapat terserap sempurna oleh konsumen atau pelanggan. Contoh riil yang dapat anda cermati saat ini adalah sebagai dampak dari kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya meningkatkan keterkaitan hubungan antar manusia, tetapi juga hubungan antar industri dan antar sistem serta sub-sistem organisasi lain yang merupakan suatu jaringan (net working organizations). Meluasnya relational contracting baik antar perusahaan dalam industri yang sama maupun berbeda dan bahkan antar Negara merupakan indikator terjadinya perubahan dalam paradigma organisasi dan manajemen.

Pertama,untuk itu maka kekuatan relationship antar bisnis yang sama maupun yang menunjang mutlah diperlukan untuk menjaga konsistensi bisnis. Konteks kedaerahan sekarang tergerus oleh adanya internet dan teknologi pengiriman cepat yang memungkinkan sebuah bisnis terkoneksi dengan bisnis yang lain, walaupun tidak saling bertemu fisik. Kedua, adalah menjaga kepercayaan. Selama anda mampu menunjukkan integritas bisnis yang baiik, selalu menjaga amanah dan hubungan baik maka, paling tidah dukungan untuk bisnis ada akan tetap mengalir. Ketiga, untuk menjawab kebutuhan konsumen tersebut perusahaan harus menggunakan strategi unggul (excellent) dengan mengutamakan tujuan laba jangka panjang. Strategi ini dapat dilaksanakan jika perusahaan menguasai teknologi pemanufakturan maju. Teknologi pemanufakturan maju adalah teknologi yang memungkinkan perusahaan menghasilkan produk yang bermutu tinggi, meningkatkan produktivitas dengan cara mengeliminasi aktivitas yang tidak bernilai tambah, sehingga biaya perusahaan secara total dapat ditekan dan kebutuhan konsumen dapat dipenuhi.

Fenomena lain yang bisa kita lihat saat ini adalah bahwa setiap entitas bisnis mulai menunjukkan kegairahan untuk dapat berbeda dengan yang lain. Ide bisnis kreatif yang mengunggulkan keunikan dari sebuah prpduk dan jasa menimbulkan energi tersendiri bagi konsumen untuk meningkatkan konsumsi. Bisnis zaman sekatang lebih mampu percaya diri untuk bergerak dengan cara-cara yang berbeda yang menjadikannya menjadi luar biasa. Contoh nyata, bagaimana sebuah produk batik Indonesia, saat ini mulai banyak keluar dari ranah kekakuan, dengan motif-motif yang lebih berani mengeksplorasi modernisasi, dan ternyata mendapat sambutan yang hangat dari konsumen. Bagaimana seorang motivator ulung seperti Tung Desem Waringin, membuat hujan uang, yang selama ini hanya ada di pikiran kita, Bagaimana mall di Jakarta di sulam menjadi sebuah pasar rakyat, dengan beragam produk local murah, makanan tradisional, yang akhirnya mengubah kesan bahwa mall itu hanya untuk orang berkantong tebal. Bagimana seorang pelikis di Semarang yang mengadakan pameran di kuburan, .Selamat dating di era perubahan, dimana bisnis kreatif mampu membuat warna baru untuk tetap eksis, untuk menjadi “gila” dalam binis mungkin saat ini adalah sebuah keharusan. Ingat pepatah jawa mengatan, “jamane jaman edan, nek ra enan ra keduman” mari kita memandangnya secara positif, edan atau gila kita maknai dengan semangat yang tinggi untuk, pertama berani menampilkan bisnis kita dengan cara-cara yang berbeda, kedua menjalin kerja sama dan membangun jaringan dengan lebih banyak orang dan selalu terbuka pada hal baru, ketika menjaga integritas dengan tetap memegang teguh kejujuran dalam berbisnis. Keempat, menciptakan produk dengan keunggulan dan keunikan yang memberikan keuntungan pada konsumen. Kelima, pertahankan pelanggan anda dengan tetap memberikan pelayanan prima. Untuk itu ingatlah untuk selalu tersenyum.

Sukses untuk anda.

.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 14, 2009, in Artikel Pelatihan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: