Strategi Kreatif Persaingan Bisnis

Berbicara mengenai strategi artinya juga berada dalam kondisi persaingan dengan kompetitor. Masing-masing berusaha menarik lebih banyak pelanggan demi kelangsungan usahanya. Dalam era persaingan bebas tidak ada satupun yang aman tanpa persaingan. Siapkah Anda berperang? Kesiapan Anda akan tampak dalam strategi yang Anda buat. Apa saja strategi yang bisa diterapkan tersebut? Layaknya peperangan ada dua strategi yang menjadi dasar yaitu menyerang atau bertahan. Mana yang Anda anggap paling sesuai?

1. Strategi menyerang

Di sini Anda harus bersikap agresif dalam menjerat pelanggan. Tetapi ingat, agresif dalam arti Anda memiliki persiapan menyerang yang matang dan cukup kuat untuk menyerang. Bagaimana caranya agar Anda menerapkan strategi menyerang ini? Berikut beberapa contohnya:

a. Melakukan promosi atau advertisement yang menerangkan bahwa perusahaan Anda memiliki fasilitas pelayanan lebih baik dibanding sebelumnya. Banyak jalan untuk mempromosikan usaha, misalnya dengan iklan di media massa maupun spanduk, leaflet atau billboard yang dipasang di lokasi strategis.

b. Memberikan hadiah (dapat berupa service gratis atau souvenir kecil) kepada pelanggan lama yang dapat membawa beberapa pelanggan baru (jumlah pelanggan baru ditetapkan berdasarkan atas biaya untuk hadiah yang diberikan).

2. Strategi defensif atau bertahan

Di sini Anda hanya mempertahankan yang sudah ada, mungkin yang Anda lakukan hanya meningkatkan fasilitas pelayanan yang Anda miliki.

a. Menyediakan beberapa fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan pelanggan.

b. Memberikan souvenir kecil pada pelanggan setelah beberapa kali menggunakan layanan Anda.

c. Mengirimkan kartu ucapan selamat pada hari-hari besar keagamaan bagi pelanggan setia, yang telah menjadi pelanggan cukup lama.

d. Membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Hal ini dilakukan untuk menjadikan transaksi antara Anda dan pelanggan berkelanjutan. Misalnya dengan memberikan potongan harga pada hari-hari tertentu.

e. Memberikan jaminan atas layanan atau produk yang Anda jual.

f. Menciptakan hubungan personal karyawan/pemilik perusahaan dengan pelanggan, (customer relationship management). Keuntungan yang didapat dari hubungan personal ini, diantaranya adalah bila pelanggan mempunyai keluhan atas produk atau servis, mereka akan melaporkannya kepada karyawan/pemilik. Mereka juga bisa memberikan informasi apa yang mereka ketahui tentang pesaing. Tekankan kepada setiap karyawan untuk mengingat nama pelanggan yang datang dan mengetahui riwayatnya.Data riwayat setiap pelanggan itu penting sekali, dan Anda bisa menggunakan pemrograman komputer.

g. Mampu mengantisipasi perubahan atau penambahan harapan pelanggan dengan meningkatan kemampuan internal karyawan untuk pelayanan pelanggan, dan sebagainya.

Meningkatkan kemampuan menjual

Sales lebih sederhana diterjemahkan sebagai sebuah teknik penjualan dalam sebuah perusahaan. Pekerjaan satu ini adalah lahan yang cukup positif dan memiliki peluang karir yang baik. Tentu saja jika Anda melakukannya dengan benar dan sungguh-sungguh. Tetapi mungkin bagi sebagian orang, pekerjaan di bidang penjualan ini adalah sesuatu yang sangat dihindari. Mengapa, karena banyak yang berpendapat jenis pekerjaan penjualan ini tergantung dari bakat Anda. Jika Anda mempunyai bakat menjual yang baik maka Anda pun akan sukses sebagai tenaga penjual. Sebetulnya pernyataan tersebut ada benarnya.

Teknik menjual sebuah produk membutuhkan keahlian berbicara dan berkomunikasi persuasif. Sedangkan, tidak semua orang mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. tetapi bukan berarti bidang penjualan ini hanya berlaku bagi mereka yang punya bakat komunikasi tersebut. Dengan beberapa latihan dan kemauan keras, Anda bisa menjadi seorang tenaga penjual yang andal. Apa saja yang bisa dijadikan modal dasar menjadi tenaga penjual tersebut. Pertama yang harus Anda dalami adalah mental. Seorang tenaga penjual harus selalu mau belajar dan mempunyai kerendahan hati untuk koreksi diri secara terus-menerus. Menganalisis sebuah pengalaman menjadi pelajaran berharga untuk melangkah ke depan.

Kemudian, pengetahuan dan informasi lengkap. Sebagai tenaga penjual, Anda harus mempunyai informasi lengkap tentang produk yang Anda jual untuk ditransfer kepada para konsumen. Pembeli tentunya ingin mengetahui dengan rinci produk yang ditawarkan kersebut. Dan sebelum yakin dengan paparan informasi Anda, mereka tidak akan memutuskan untuk membelinya. Satu-satunya cara agar meyakinkan pembeli adalah dengan memberikan informasi lengkap mengenai produk tersebut. Kemukakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki dibandingkan produk lainnya. dengan begitu pembeli akan bisa membandingkan dan memutuskan keyakinannya.

Ketiga yaitu mengasah kemampuan berkomunikasi persuasif dibantu dengan sarana-sarana yang memang diperlukan. Berbagai buku cara-cara berkomunikasi banyak tersedia, cukup dengan latihan sungguh-sungguh dan berani mempraktekannya, seseorang bisa menjadi tenaga penjual yang baik. Bagaimanapun, kemauan dan kerja keras adalah dua hal yang menjadi kunci keberhasilan Anda di segala bidang.

Berlomba memuaskan pelanggan

Dalam berbisnis ada dua faktor yang perlu diperhatikan baik-baik, yaitu pelanggan dan kompetitor. Anda harus selalu waspada akan dua faktor ini karena siapa tahu nanti Anda kecolongan pelanggan karena kelalaian mewaspadai langkah kompetitor.

Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui dengan pasti apa keinginan pelanggan? Cobalah slalu dapat memuaskan pelanggan. Untuk mengetahuinya, tentu saja harus diadakan survey. Ada banyak cara melakukan survey pasar dan tidak harus kaku atau terpatok pada aturan-aturan resmi. Anda bisa juga mewawancarai beberapa orang dengan cara mengobrol biasa. Gali dan temukan informasi dari berbagai sumber. Mengapa ini sangat penting? Karena seperti yang telah disebutkan di atas, jika Anda bersikap acuh, pelanggan bisa lari ke kompetitor Anda. Anda tidak akan mendapat uang dan kompetitor Anda akan semakin sukses. Mampukah Anda menghadapi situasi demikian?

Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, Anda bisa mendapatkan jawaban sesungguhnya apa yang bisa memuaskan mereka. Jangan sampai langkah Anda didahului kompetitor. Pelanggan terbaik Anda adalah juga prospek terbaik bagi para pesaing. Jika satu pelanggan lolos dari pegangan, maka Anda harus bertanya, apakah pesaing menawarkan produk atau jasa yang lebih baik, atau mungkin mereka lebih bagus dalam bisnis dibanding Anda.

Bagaimana mempertahankan konsumen?

Jika ingin menjual produk dengan sukses, sebuah perusahaan harus selalu memperhatikan perilaku konsumen. Mengapa? Karena mereka adalah target utama pemasaran tersebut. Hanya saja, perilaku konsumen selalu berubah setiap waktu dan tidak bisa dipastikan kapan waktunya.

Untuk mengetahui perilaku pasar, sebuah perusahaan perlu mengadakan riset pasar. Sehingga, produk yang ditawarkan akan diterima dan bisa memuaskan mereka. Cita rasa dan kebutuhan produk dan pelayanan makin meningkat dan bervariasi diiringi dengan daya kritis yang tinggi. Menghadapi tuntutan yang semakin canggih tersebut, ada beberapa hal yang perlu diingat:

a. Sebuah perusahaan dituntut untuk menawarkan derajat kepuasan yang memenuhi harapan atau bahkan melampauinya.

b. Sebuah perusahaan juga harus mengantisipasi ancaman dari pesaing yang mungkin melakukan hal yang sama, atau bahkan melampaui apa yang diberikan perusahaan kepada pelanggan.

c. Sebuah perusahaan juga harus memperhatikan kemampuan intern dalam menghadapi perubahan-perubahan.

Dalam bisnis, Anda harus jeli melihat perkembangan bisnis terutama yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Hal paling penting, jangan kecewakan pelanggan. Jika kebetulan bisnis Anda mengalami penurunan, hal pertama yang berlu diselidiki adalah konsumen. Apakah konsumen sudah tidak puas dengan produk yang Anda tawarkan? Apakah kompetitor berhasil menemukan cara lebih baik? Apakah Anda siap untuk sebuah persaingan, tentu saja jawabannya adalah selalu bergantung kualitas anda melihat celah kesempatan untuk memenangkannya. Peliharalah pelanggan dan lingkungan bisnis anda dengan baik, dab biarkan mereka melakukan yang terbaik bagi bisnis anda. Sukses untuk anda.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 20, 2009, in Artikel Pelatihan. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Salam Kenal.
    Artikelnya bagus. keren..
    saya baru posting tulisan terbaru… silahkan dilihat

    “PROSES PENJUALAN – LEADS DAN REFERRALS :

    Apakah penting sebuah Leads and Referrals itu bagi seorang tenaga penjual?

    Sangat penting. Bila kita analogikan seperti tubuh yang memerlukan darah. Bila darah tidak ada niscaya tubuh tidak bekerja. Bila leads dan referrals tidak berkualitas penjualan pun buruk. …..” read more at http://distributor4lifeindonesia.wordpress.com/2009/03/16/proses-penjualan-leads-dan-referrals/

    salam

    gumilang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: