Menjadi Hebat Dengan Ketidakpastian

Sahabat pernahkah anda merasakan kegelisahan, perasaan resah dan tidak nyaman pada saat menghadapi sebuah ketidakpastian. Banyak pribadi yang merasakan bahwa ketidakpastian membuat jiwa tidak tenang dan suasana menjadi tidak lagi menyenangkan. Karena ketidakpastian selalu mengandung lebih dari satu kemungkinan. Kondisi optimis dan pesimis pun tergantung bagaimana setiap pribadi memandang seberapa besar ketidakpastian itu berfihak pada dirinya. Lepas dari segala kata buruk tentang ketidakpastian itu, maka saya ingin mengulas bahwa sebenarnya dengan kondisi yang sebetulnya tidak mungkin pasti itu, banyak situasi dan celah peluang yang mampu anda ciptakan untuk memperbesar keberpihakan ketidakpastian itu kepada anda. Ketidakpastian adalah sebuah andrenalin mental bagi pribadi untuk mengusahakan yang terbaik, proaktif mencapai hasil terbaik. Lalu bagaimana seharusnya kita mensikapi ketidakpastian tersebut..?

Seperti sempat saya utarakan diatas, bahwa dengan adanya ketidakpastian maka setiap pribadi akan melakukan yang terbaik. Kompetisi akan selalu muncul di dunia yang bersahabat ini. Siapa yang mampu meberikan kualitas tindakan terbaik atas apa yang diusahan, maka akan mendapatkan hasil memuaskan dari sebuah kondisi ketidakpastian. Bayangkan jika di dunia ini yang ada hanya sebuah kepastian, sebelum bertanding sudah dipastikan siapa pemenangnya, sebelum sekolah sudah dipastikan siapa-siapa yang lulus dan tidak lulus, saat besar sudah dipastikan bahwa dia akan menjadi dokter, perawat, pilot, pengacara, atau bahkan pengemis. Apa jadinya dunia, dimana segala hal telah dipastikan. Dalam dunia ini tidak akan muncul ruh kehidupan sejati, motivasi manusia untuk merubah nasib menjadi lemah, karena papun yang dilakukan, kondisinya tidak akan mungkin berubah. Bayangkan kekacauan yang akan terjadi bukan hanya lingkup lingkungan dan dalam ranah pribadi andapun akan merasakan sebuah kegunjangan, dibalik keinginan anda yang tidak mungkin berubah setiap waktu.

Pernahkan anda menonton sepakbola, dimana juara group yang sudah dipastikan lolos bertanding dengan tim yang telah dipastikan tersingkir, apapun hasilnya. Andapun jika mengetahui kondisinya seperti itu telah mampu menebak apa yang terjadi. Pertandingan akan tidak berjalan dengan sangat luar biasa, aroma kompetisi berkurang, dan mungkin saja (jika tidak terlanjur beli tiket) penonton juga ogah datang ke lapangan untuk memberikan semangat. Gambaran diatas bisa memberikan gambaran kepada anda tentang pentingnya Tuhan menciptakan ketidakpastian. Bahkan matipun anda tidak tahu datangnya kapan. Inilah yang menjadikan anda bertumbuh untuk mampu lebih menghargai lingkungan, agar dukungan untuk menghadapi ketidakpastian itu mudah anda dapatkan.

Ketidakpastian pasti memunculkan sebuah resiko. Maka jika anda ingin sukses berpihak pada anda, maka sebaikkan mampu mengendalikan resiko dan bukan menghindari resiko. Untuk mereka yang jeli dan dapat mengendalikan keadaan, kondisi ketidakpastian malah akan menimbulkan kemungkinan-kemungkinan lain yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dari kondisi ketidakpastian itu akan dapat dicari berbagai peluang untuk diwujudkan menjadi hal-hal yang memuaskan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa peluang yang baik hanyalah dimiliki oleh mereka yang berada “di depan” atau yang pertama kali mengenal peluang tersebut. Kita cenderung percaya bahwa mereka yang sudah melakukan suatu hal lebih dulu akan lebih beruntung dibanding dengan yang “datang belakangan” dan melakukan hal sama. Stephen Covey, pakar yang mengemukakan tentang tujuh kebiasaan manusia yang amat efektif, memperkenalkan kita kepada “ciptaan pertama” dan “ciptaan kedua”.Ciptaan pertama adalah bentuk ketika suatu hal diciptakan atau dibentuk pertama kali, sedangkan ciptaan kedua adalah ketika hal itu dibentuk untuk waktu berikutnya. Jelas yang terakhir merupakan perbaikan dibanding dengan ciptaan pertama karena pasti sudah ada perbaikan sebagai hasil pengamatan pada kelemahan ciptaan pertama ditambah hal-hal yang diperkirakan merupakan perbaikan dari bentuk sebelumnya.

Peluang adalah suatu situasi ketidakpastian. Setiap kali suatu situasi akan dapat berubah. Suatu hal yang yang pada satu hari muncul sebagai peluang, di hari berikutnya mungkin sudah bukan merupakan peluang lagi. Di dunia yang mempunyai banyak perubahan dan banyak kemungkinan ini, ada berbagai macam peluang yang muncul. Kita memang harus jeli untuk melihatnya, kemudian menangkap dan memprosesnya. Untuk itu terkadang banyak pribadi yang kecewa, karena hanya pandai melihat peluang, tanpa ada usaha apapun untuk menjadikan peluang itu sebagai cara untuk mendapai sebuah keberhasilan.

Situasi dikatakan tidak pasti ketika ada berbagai kemungkinan hasil, dan tidak semuanya Anda inginkan. Bangun rasa toleransi Anda terhadap ketidakpastian atau ambiguitas dengan mengingat bahwa, bahkan di situasi sulit sekalipun, ada dua prinsip yang dapat Anda andalkan:

1. Anda dapat selalu mengontrol respon Anda terhadap situasi. Reaksi Anda adalah pilihan Anda.

2. Kenali apa yang Anda dapat dan tidak dapat kontrol akan memperbesar kemungkinan Anda meraih sukses dan menurunkan tingkat kecemasan Anda.

3. Pikirkan dengan jelas tentang setiap hasil yang mungkin. Tuliskan semuanya, bahkan yang terburuk sekalipun. Jika Anda rasa ada sesuatu yang tidak benar – ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut. Pikirkan setiap hasil yang mungkin dan bagaimana itu bisa terjadi, dan apa yang dapat Anda lakukan secara aktif untuk untuk mempengaruhi hal itu.

4. Anda memiliki rencana tindakan yang komprehensif, hal ini meningkatkan peluang Anda untuk sukses. Jadi, bahkan bila hal terburuk sekalipun yang terjadi, Anda telah melakukan sesuatu untuk mengetahui dampaknya dan tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.

Maka itu, keinginan terbesar manusia adalah menjadikan ketidakpastian itu sebagai media paling mungkin untuk mengesplorasi kemampuan dan kualitas pribadinya untuk menciptakan dan menemukan peluang-peluang untuk berhasil. Jadikanlah ketidakpastian itu sebagai ghal yang memacu andrenalin anda agar tercipta kemungkinan yang berfihak kepada anda. Karena jika demikian, maka sebentulnya tidak ada perasaan takut, was-was atas datangnya ketidakpastian, yang sepertinya memang harus ada itu. Maka itu bersiaplah untuk selalu bahagia dengan sebuah ketidakpastian. Siapa sangka anda akan menjadi pribadi hebat, karena tidak ada yang memastikan akan menjadi apa anda dimasa depan. Sukses untuk anda.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on February 25, 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Gimana mas erwin, boyolali aman terkendali to, akan lebih bermanfaat jika lebih nbanyak orang mengetahuinya, sukses mas erwin

  2. Sebuah mind set yang bagus untuk disharingkan. memang sebuah ketidak pastian adalah HUKUM ALAM. manusia sebagai Hamba Tuhan dengan menyadari hal ini akan bisa lebih baik dalam mensikapi ketidakpastian itu sendiri. ketidak pastian pun berkah “BAGI YANG MAU MENYADARI”

  3. Langsung bisa kontak ke no saya mas joni. selalu siap bernagi ilmu..

  4. Artikel yang sangat bagus, pak eko…
    dan ini sering saya alami, terkadang ketidakpastian membuat saya menjadi takut untuk berbuat, dan hasilnya saya malah tidak mendapat apa-apa

    sekalian tanya bagaimana kalo undang bapak seminar/pelatihan
    terimakasih banyak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: