Tips Mendapatkan Pekerjaan & Karir

Ada beragam pertanyaan yang berputar di benak sebagian besar pribadi tentang karir terbaik. Persoalan ini tidak hanya dialami oleh para pencari kerja baru, namun juga oleh mereka yang telah bekerja pada suatu perusahaan. Untuk itu dibutuhkan kecermatan dan pemikiran yang matang untuk mendapatkan sebuah karir yang matang sesuai dengan potensi & kemampuan anda. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk dapat memilih dan mendapatkan pekerjaan yang baik untuk anda:

1. Pelajari diri anda dengan baik. Apa potensi kemampuan anda yang mungkin dibutuhkan oleh orang lain/lembaga. Dengan modal itu maka anda sedang melakukan segmentasi pekerjaan yang kira-kira cocok dan anda mampu melakukan dengan baik. Carilah kemampuan yang bukan rata-rata, artinya jika anda mampu menemukan potensi yang unik dan belum banyak orang memilikinya, maka kemungkinan anda akan berhasil memperoleh pekerjaan yang tepat.

2. Inventaris dalam sebuah catatan, jenis pekerjaan yang dapat sesuai dengan potensi dan kemampuan anda itu. Jenis pekerjaan ini bisa merupakan jenis pekerjaan umun, yang biasa dicari pada info lowongan pekerjaan di koran, atau bisa jadi jika anda mempunyai keahlian unik anda bisa membuat proposal singkat tentang jenis pekerjaan baru yang bisa anda tawarkan pada perusahaan. Untuk itu pandai-pandailah melihat celah peluang.

3. Jika anda ingin bekerja pada orang lain (karyawan), maka perlu kiranya untuk melihat perusahaan yang akan anda tuju. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (a) Bonafide, (b) nama dan identitas jelas, (c) memiliki ijin usaha (legal). Mengapa demikian, karena perusahaan dengan kriteria diatas biasanya memiliki kepastian karir bagi karyawana dan pertimbangan pengalaman kerja yang bisa dipakai sebagai acuan untuk memperoleh karir yang lebih baik (ditempat lain).

4. Pertanyaan awal yang muncul andalah setelah anda melihat lowongan pekerjaan, dan membaca jenis pekerjaannya adalah bagaimana pemahaman anda tentang jenis pekerjaan itu. Ini penting, sebab jika anda tidak sama sekali mengerti tentang deskripsi tugas dalam jenis pekerjaan tertentu, bagaimana anda merasakan kesukaan & ketertarikan pada pekerjaan itu (ini yang biasa juga ditanyakan dalam wawancara kerja). Jangan sampai setelah anda terlanjur diterima, anda baru mengerti bahwa anda tidak cocok pada jenis pekerjaan tersebut.

5. Pilihlah jenis pekerjaan yang sepertinya mampu membuat anda berkembang baik pribadi maupun karir. Jangan takut bahwa anda memiliki kemampuan terbatas, ketrampilan yang minimal. Selama anda mampu dan mau untuk belajar, maka ubahlah pekerjaan yang sepertinya tidak pantas untuk anda itu, menjadi dipantaskan dengan usaha anda untuk belajar. Tentu saja dalan proses itu, anda jarus mampu menikmatinya.

6. Tantangan dalam kerja bisa datang dari beberapa hal, seperti suasana kerja dan kerja tim dalam perusahaan, jarak tempat kerja (apakah berpidah atau menetap, jawa, luar jawa/luar negeri), upah pekerjaan (upah tetap, bonus, tunjangan kesehatan, dll). Maka tugas anda adalam mempertimbangankan apa akan anda dapatkan dari perusahaan. Namun, yang perlu digarisbawahi, bahwa insentif tida melulu uang/finansial. Pengalaman kerja, kemungkinan pembentukan jaringan yang lebih luas, kesempatan karir, adalah sebagian insentif yang dapat anda pertimbangkan untuk diambil.

7. Saat ini banyak sekali agen yang menawarkan jasa dalam memberikan jalan dan fasilitas untuk membantu anda menemukan pekerjaan yang sesuai. Kehati-hatian tetaplah sesuatu yang penting, sebab itu lihatlah legalitas dan track record dari jasa agen tersebut. Jangan terburu-buru untuk mengeluarkan sejumlah uang dengan iming-iming akan dilipatkan setelah bekerja.

Terakhir, untuk anda yang membaca tips ini, saya menekankan bahwa karir itu beda dengan pekerjaan. Setiap orang bisa bekerja, bahkan mereka yang tidak mengenyam pendidikan sekalipun. Namun tidak setiap orang memiliki karir, karena karir datang dari potensi yang tepat, dengan kemampuan dan pendidikan yang mumpuni, serta dukungan dari lingkungan yang membuka seluas-luasnya peluang untuk mendapatkan pengembangan ketampilan, pengetahuan, informasi. Itulah yang menjadi pribadi mampu mendapatkan pekerjaan sekaligus karir. Selama mencoba

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on March 2, 2009, in Tips & Kiat. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: