Kualitas Memberi Untuk Meminta

“Pribadi berkualitas adalah membuat dirinya pantas untuk menerima, dengan menegakkan kualitas dirinya untuk memberi”

Hampir semua pribadi menginginkan kesejahteraan dalam hidup dan karirnya. Untuk menjadikan hal itu menjadi nyata baginya, maka perlu usaha dan kualitas terbaik. Itulah yang menjadikan setiap situasi menjadi peluang untuk menghasilkan lebih dan lebih setiap harinya. Namun, sepertinya apa yang telah kita usahakan dengan keras itu, terkadang menjadikan kita pribadi yang mengagungkan kualitas pencapaian diri, tanpa mencoba untuk memikirkan apa yang ada dibalik keberhasilan anda. Karena sebetulnya ada “tangan yang tidak terlihat”, yang menjadikan anda mampu mencapai apa yang inginkan seperti saat ini. Tidak sedikit pribadi yang melupakan cara memberi yang baik, setelah mendapatkan yang banyak. Kerelaan itu telah hilang oleh mentalitas ego yang terlalu mencintai sebuah pencapaian.

Mari kita berfikir secara lebih luas untuk mampu melihat dengan jelas tentang bahwa anda hanya sebagai salah satu bagian dari sebuah kesuksesan. Bukan bermaksud untuk mengecilkan potensi anda. Namun saya ingin menyiapkan sebuah kaca pembesar, bahwa apa yang tidak terlihat bermakna itu turut menjadian anda sukses. Sebab, kecil itu mungkin lepas dari pandangan anda, ataupun sebernarnya terlihat namun anda enggan untuk mengakuinya. Mulakanlah membersarkan hati anda karena sebenarnya anda itu juga manusia yang penuh keterbatasan.

Pada siapa anda meminta sebenarnya. Mungkin anda baru sadar bahwa sebetulnya anda sesuatu yang maha besar yang selalu cinta pada anda dengan mencukupkan rejeki setiap harinya. Pernahkan anda merasakan, bahwa terkadang kehambaan anda pada manusia lebih besar. Sehingga saat pemberian itu datang, maka menggapnya sebagai rejeki dunia, pemberian perusahaan atas prestasi yang anda lakukan, keuntungan dari usaha keras anda untuk berjualan, lepas dari itu sesuatu yang menggerakkan hal itu bisa terjadi tidak pernah sekalipun masuk dalam wilayah rasional anda. Jika anda terus memahami hal tersebut dengan sama, maka terkadang anda meminta hak sukses anda pada manusia lain, dan lupa cara meminta yang benar pada pemilik hidup anda.

Indah rasanya jika mengetahui bahwa sebetulnya kualitas yang saat ini anda dapatkan adalah hasil dari seberapa besar anda meminta dan memberikan sesuatu. Layaknya sebuah tabungan, maka jika anda memberikan ruang untuk menjadikan tabungan itu bertambah, maka pada saat anda meminta pastilah anda akan mendapatkan sesuai dengan apa yang telah anda tabung, tidak kurang dan tidak lebih. Bagaimana jika kemudian tabungan itu kosong, anda tidak mau menciptakan peluang menyediakan diri untuk memberi pada tabungan tersebut, maka bisa jadi apa yang anda dapatkan tidak akan cukup baik. Inilah yang disebut sebagai keindahan timbale balik sempurna yang dianugrahkan Tuhan pada manusia. Kualitas anda untuk memberi akan menentukan kualitas yang anda terima.

Adalah mungkin bagi anda untuk menjadikan segala sesuatu menjadi kenyataan. Pembangunan itu dimulai dari sebuah konsep pondasi yang kuat untuk apa kita hidup dan apa yang kita inginkan dalam hidup. Saat pondasi rohani dan keyakinan itu telah mendarah daging, maka mentalitas untuk selalu bersyukur dan memberi lebih banyak lebih mungkin untuk anda. Meyakini keimanan bukan berarti menggangap anda itu rendah dan sangat tergantung. Sebaliknya, hal itu akan menjadikan anda memiliki kualitas manusia sesungguhnya, yang tidak kehilangan jati diri. Hilangkan sekat-sekat ego sentries anda, rasa was-was dan khawatir akan keterpurukan. Mulailah memandang lingkungan sebagai sesuatu hal yang bermanfaat, yang membuka peluang kepada anda untuk memberi sesuatu, pada lebih banyak pribadi. Pada saatnya tiba, anda bisa menarik kembali tabungan itu dengan keikhlasan untuk meminta dan memantaskan diri anda untuk menerima.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on March 5, 2009, in Artikel Motivasi, Artikel Pelatihan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: