Pelatihan Pelayanan Prima

Dalam pasar yang sangat sensitif seperti saat ini maka diperlukan pendekatan baru yang lebih humanis dan unik dalam mengelola pelanggan. Pasar sensitif ini ditunjukkan dengan kejelian dan kekritisan pelanggan dalam menilai kualitas jasa dan produk yang dikonsumsi. Dengan demikian, maka kesalahan dalam penetapan kualitas dan standarisasi layanan perlu diminimalkan. Karena sangat mungkin pelanggan sensitif ini cepat berpaling ke “lain hati” untuk mendapatkan kulitas pelayanan yang semakin baik.

Konteks kualitas pelayanan harus dilihat dari dua sisi. Pertama, keteraturan strandar kerja perusahaan. Dalam hal ini menyangkut prosedur, pengelolaan arsip, penggunaan, keselamatan kerja, peralatan yang mutakhir, serta kecepatan dalam akses data dan informasi. Dengan kajian ini maka dimungkinkan setipa lembaga untuk mengudatenya secara mudah. Asal ada dana yang mencukupi kita bisa membeli mesin atau alat yang berteknologi tinggi. Kedua, pelayanan karyawan, dalam hal ini maka system, strandarisasi, mesin itu tidak akan pernah mencapai hasil maksimal jika pembangunan sumber daya manusia pelayanan kurang diperhatikan. Inti dari semua ini adalah, bagaimana pelayanan itu adalah sebuah komunikasi yang tumbuh dari rasa saling membutuhkan. Dengan cara ini maka setiap interaksi yang terjadi antara karyawan dengan pelanggan menjadi “lebih hidup”, tidak kaku, dan memnimbulkan efek sinergi yang saling menguntungkan.

Kata saling menguntungkan artinya bahwa saat kebiasdaan melayani ini telah menjadi budaya kerja karyawan, maka mereka akan merasa terpuaskan saat mengetahui pelanggan tersenyum dan mengucapkan terima kasih setelah dilayani. Kesediaan tital untuk melayani bagi mereka telah menjadi sebuah hal yang tidak hanya penting, namun sebuah otomatisasi perilaku untuk mampu meningkatkan kesejahteraan. Karena sesungguhnya pelanggan adalah orang yang telam memberikan pekerjaan pada mereka, bukan semata-mata lembaga.

Dalamkerangka inilah banyak lembaga yang telah memulai sebuah era baru dalam konteks pelayanan pelanggan. Era baru ini tidak hanya muncul dalam tataran konseptual dal ilmu pengetahuan,namun telah merambah ranah praktis pelayanan dan kebiasaan yang harus dikelola dan dilembagakan dengan baik. Saat era baru ini muncul, maka tentulah didorong oleh tuntutan perubahan. Maka, disaat lembaga ingin benar-benar eksis (baca artikel eksis tidak sekedar ada) tentulah pilihan paling memungkinkan adalah harus berubah.

Perubahan memang sebuah kata yang indah jika kita melihat hasil yang akan diperoleh. Namun dalam prakteknya perubahan tidak selalu berjalan mulus. Untuk itu diperlukan pemahaman yang sama dari setiap elemen organisasi baik manajemen mampu karyawan tentang tujuan perubahan yang diinginkan. Kebersamaan adalah kunci pertama untuk melakukan perubahan. Tanpa itu, maka perubahan hanya kan menjadi mimpi indah yang terkadang tidak akan menjadi kenyataan. Peningkatan ketrampilan teknis pelayanan adalah kunci yang kedua. Ketrampilan pelayanan perlu diasah dan dilatihkan pada setiap karyawan.

Selamat datang di era baru. Dengan tuntutan pelanggan yang semakin sensitif, maka dituntut perilaku yang serupa dalam komunikasi pelayanan. Hanya dengan cara inilah maka perusahaan mampu untuk tetap bersaing dan memunculkan keunikan. Yang tidak hanya memberikan kepuasan bagi pelanggan, namun lebih dari itu kepercayaan dan loyalitas bukan lagi hal yang sulit diwujudkan. Suskes bagi anda.

Untuk kerjasama pelatihan silahkan hub kami:

Forum Pembelajar Konsulting

Jl. Betoro Ismoyo No 29 A Gentan Sukoharjo

Mobile : 081 54834 1129

Konsep  kerjasama pelatihan anda bisa baca disini

adv : Peluang bisnis online paling menguntungkan dan aman. klik disini

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on April 20, 2009, in Artikel Pelatihan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: