Menjaga Kualitas Diri Dengan Keutamaan

Pernakah anda mendengar sebuah kata-kata bijak yang mengatakan “rumput tetangga memang tampak lebih hijau”. Pemaknaan atas ungkapan itu memberikan sebuah gambaran bagaimana seringnya anda nampak mengagumi apa yang tercipta disekeliling anda. Anda memberikan apresiasi yang mendalam atas apa yang telah Tuhan ciptakan, dengan gunung yang tinggi, laut dengan beragam potensi airnya, hutan. Demikian juga dengan hasil peradapan, teknologi komputer, gedung-gedung pencakar langit, atau simbol-simbol kemewahan seperti mobil BMW, pena Parker, dan sebagainya.

Dengan ketakjuban itu, terkadang menjadikan anda lebih memilih untuk menikmati apa yang ada diluar, dan mengangankan untuk memilikinya. Seolah terhipnotis oleh lingkungan, menjadikan anda tidak mawas diri. Bahwa ternyata ada sesuatu yang harusnya anda bangunkan dan anda kelola. Seandainya saja anda tahu bahwa sebagai pribadi anda telah dilengkapi dengan beragam potensi yang sangat luar bisaa. Pernahkan anda sadari bahwa tubuh anda dibangun oleh 200 bentuk tulang yang berbeda, yang satu dengan yang lain saling mengkait dan terangkai dengan sempurna. Tulang itu dibungkus oleh milyaran serat otot dan dikoordinasi oleh jaringan otot yang panjangnya tidak kurang dari 10 kilometer. Bagaimana anda bisa membayangkan organ jantung yang tidak pernah berhenti bekerja walau sedetikpun, dan berdenyut rata-rata 36 juta kali dalam setahun. Apa yang lebih hebat dari sebuah super komputer berupa otak yang mampu mendeskripsikan segala perintah dengan tepat dan mengendalikan lebih dari seratus tugas secara bersamaan. Hanya ada satu kata untuk merepresentasikan kondisi anda sekarang. Fantastis!!.

Pernarkah anda sadari bahwa ternyata setiap anda itu memiliki keunikan. Bagaimana perbedaan itu adalah sebuah potensi yang harus ditemukan dan dikembangkan untuk mengusahakan apa jadinya anda di masa depan. Keunikan ini bukan meletakan mentalitas arogan ataupun rendah diri dan merasa tersingkirkan. Namun lebih dari itu, perbedaan adalah peluang untuk mengesplorasi keunikan dalam diri dan membuktikan bahwa anda berbeda. Sepertinya dengan perbedaan itu, mulailah berhenti mebandingkan apa yang anda miliki dengan apa yang dihasilkan oleh orang lain. Mulailah fokus untuk berproses dengan keunikan itu. Saatnya untuk percaya bahwa seorang tukang parkir jauh berharga daripada mobil Jaguar yang diparkirnya. Inilah cara kita untuk bersyukur dan mengendalikan keutamaan kita sebagai manusia.

Analog Gunung Es

Setiap manusia pada dasarnya memiliki kedasyatan potensi. Namun seringkali untuk memiliki keberanian dalam meyakini dan menyadari terkadang masih lemah. Jika diibaratkan sebuah gunung es. Dimana yang nampak diluar itu hanya sebagian kecil yang ada secara keseluruhan. Ada sebagian besar yang masih terpendam, belum mampu terdeteksi dengan baik dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Banyak orang sukses yang mampu menemukannya. Dengan cara yang benar mereka berani berproses untuk menjadikan potensi itu menjadi sebuah kesuksesan. Untuk itu, jangan terlalu emosional dengan hanya melihat pada pemukaan yang nampak oleh indera. Karena jika demikian maka anda akan terjebak oleh penilaian yang tidak menyeluruh dan generalisasi yang keliru tentang konsep diri anda.

Mungkin anda adalah orang yang merasa rendah diri karena wajah anda yang tidak terlalu menarik atau status sosial anda yang berasal dari kelas bawah, fisik yang kurang sempurna, bicara anda yang gagap dan lain-lain. Betapa banyak alasan yang akan kita pakai untuk meyakinkan diri sendiri bahwa anda tidak mampu untuk meraih dan menjadi sesuatu. Merasa nyaman untuk memiliki segala kelemahan yang membuat anda merasa tidak harus meraih sesuatu. Namun pertanyaannya mengapa seringkali andapun merasa bahwa apa yang ada saat ini sebagai sebuah ketidakadilan Tuhan pada umat-Nya. Namun, saat anda menuntut sesuatu, bahkan kaki andapun tidak bergerak dari tempatnya. Karena jika demikian, maka bukan Tuhan yang tidak adil, bahkan andalah yang tidak adil bagi Tuhan yang telah menyia-nyiakan potensi yang telah dianugrahkan untuk sesuatu yang tidak penting.

Ada 4 hal yang seringkali dianggap sebagai alasan mengapa seseorang tidak menjadi apapun di masa depan:

1. Alasan Kesehatan : seseorang dengan kesehatan yang tidak begitu baik, menganggap semua telah selesai. Padahal ada sebagian dari orang-orang yang kurang beruntung, yang dilahirkan dengan beragam keterbatasan, mampu bangkit dan menjadikan dirinya dihormati dan bukan dikasiani.

2. Alasan Usia : berapa banyak pribadi yang malu belajar naik sepeda hanya karena usianya telah diatas 20 tahun. Mengapa terlalu banyak yang selalu mengatakan bahwa ”yang muda saja….”, ”ahh…umur saya sudah lewat, tinggal istirahat”…sebetulnya jika itu menjadikan alasan untuk tidak melakukan sesuatu maka adalah sebuah kekeliruan. Karena sama saja anda memendekkan umur anda sendiri. Hidup tanpa pencapaian sama dengan mati. Untuk itu selalu tumbuhkan mentalitas anda dan mulailah mengatakan ”mengapa tidak…”

3. Alasan kecerdasan : banyak yang terjebak pada mitos intelegensia. Orang yang berpendidikan lebih tinggi selalu akan mendapatkan tempat yang lebih baik di masa depan. Untuk itu, banyak diatara anda yang berada pada jenjang pendidikan yang pas-pasan memilih untuk menepi dan tidak siap bersaing. sebetulnya pendidikan adalah sebuah alat. Jika alat ini mampu diasah dan dikembangkan dengan sesuai maka sukses bukan lagi sebuah impian.

4. Alasan Nasib : Banyak pribadi yang percaya bahwa apa yang terjadi saat ini adalah sebuah hal yang telah ditentukan dan tidak bisa dirubah. Mitos tentang nasib dan garis hidup telah membawa pemaknaan sempit terhadap sebuah pencapaian. Sekeras apapun orang berupaya, namun jika nasibnya kurang bagus, maka dia sama sekali tak akan penah meraih sukses. Mengapa anda tidak mencoba membayangkan apa jadinya jika anda mampu belajar dari itu. Sukses adalah bagaimana anda mampu untuk memantaskan diri anda menjadi pribadi pembelajar dan bukan pribadi yang hanya mengantungkan diri pada nasib, ramalan dan keberuntungan.

Untuk itu, apa ruginya jika anda mau meyakini dan mengakui bahwa anda memiliki sesuatu. Tugas anda adalah menjadikannya nampak begitu jelas dan mudah untuk diidentifikasi. Buatlah anda nyaman dengan pemberian Tuhan dan mulailah terbiasa dengan potensi itu. Karena jika itu terjadi, maka akan ada beragam peluang yang dapat anda optimalkan. Buatlah sebuah langkah berani dengan mengakuinya dan lihatlah apa yang terjadi. Sukses untuk anda.

adv : Peluang bisnis online paling menguntungkan dan aman. klik disini

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on April 21, 2009, in Artikel Motivasi, Artikel Pelatihan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: