Unggul Bersaing Melalui Layanan Pelanggan

“Cara terbaik dalam menjual adalah dengan membuat pembeli atau pelanggan anda merasa nyaman.”

Penggalan kalimat diatas adalah cerminan bagaimana bisnis seharusnya dijalankan. Orientasi pelanggan telah menjadi sebuah strategi pemasaran baru yang telah menyebar keseluruh ranah bisnis dengan beragam bentuk dan konsep. Strategi yang telah mendatangkan banyak keuntungan jangka panjang bagi perusahaan, dan telah menjadi urat nadi yang harus dijalankan dan mendapat perhatian serius. Untuk itu, mari membuka mata bahwa pelayanan pelanggan telah menjadi keniscayaan yang tidak terbantahkan dan mempunyai fungsi utama bagi jalannya perusahaan.

Penghambat Utama Customer Service

Kebanggan yang merugikan….

Telah banyak kasus kegagalan pelayanan yang dikaburkan oleh kebanggaan perusahaan atas kualitas produk dan harganya yang terjangkau. Jika hal ini tidak diperhatikan maka, paling tidak konsistensi penjualan itu hanya bersifat sementara dan cenderung tidak kompetititf dalam persaingan pasar. Kebangaan atas sebuah kesempurnaan akan menjadika ritme pelayanan tidak berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh terbelenggunya keinginan perusahaan untuk responsif terhadap keinginan pelanggan. Maka sebetulnya hal ini tidak lagi tepat dalam konteks persaiangan bisnis modern, yang menuntut flesibilitas tinggi terhadap kebutuha pelanggan.

Sikap bangga juga dapat menghilangkan perasaan malu dan tidak nyaman akibat keluhan pelanggan yang terus menerus datang. Dengan pertimbangan ini, maka sebetulnya reputasi perusahaan akan segera terdegradasi dan hilang. Jika hal ini terjadi maka akan sangat rugi, sebab perusahaan akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untul melakukan restorasi terhadap reputasi yang telah hancur.

Keuntungan Jangka Pendek…..

Layanan seringkali bukanlah prioritas manajemen. Tekanan pada keuntungan jangka pendek dengan mengorbankan kualitas pelayanan jangka panjang meripakan hal yang sangat substansial. Orientasi jangka pendek adalah bagian dari kesulitan. Karena jika itu yang menjadi orientasi maka, perusahaan hanya tidak akan pernah menjadi besar, dan hanya berkutat pada strategi jangka pendek untuk mempertahankan bisnis dan bukan untuk kelangsungan dengan waktu yang lebih panjang. Sikap umum mentalitas manajemen yang seperti ini, akan mengaburkan makna eksistensi bisnis dan keunggulan kompetitif.

Pelayan yang tidak berwujud

Seringkali konteks pelayanan yang dibuat tanpa mempertimbangan efek kemampuan dan kesiapan perusahaan dalam memenuhi dengan prima. Sehingga yang terjadi adala pelayanan, bisnis, dijalankan hanya di bibir saja, tanpa ada realitas atau wujud nyata dari apa yang disampaiakan. Semangat pelayanan tanpa ada kesiapan dan koordinasi bisa menjadi bumerang jahat yang tentu saja akan memiliki dampak buruk bagi perusahaan. Untuk itu mulaialah merancang sebuah konsep pelayanan yang khas dan unik sesuai kemampuan perusahaan dalam memenuhinya. Pelayanan prima tidak menghendaki kesempurnaan, namun kesediaan, keiklahsan dan optimalisasi serta berwujud lebih akan menjadikan kegiatan ini kan bergasil guna.

Pertempuran Dangkal Dengan Kompetitor..

Konsep pelayanan bukanlah alat politik untuk persaiangan yang tidak sehat. Senyum anda yang tulus itu, namun apa yang muncul dengan mendiskriditkan kompetitor, bukanlah sebuah kegiatan yang baik. Konsep persaingan dalam customer service adalah patnership. Sehinggan tunjukan apa yang anda bisa lakukan dengan segera dan tulus dan biarkan pelanggan anda menangkap sinyal positif anda, dan bukan pesan negatif kompetitor anda.

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on May 8, 2009, in Manajemen Pelayanan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: