Make it Real

Setiap manusia pastilah memiliki angan-angan, tidak sekedar mencukupi kebutuhan. Namun lebih dari itu manusia selalu ingin merasakan hal baru, pengalaman baru, dan banyak hal yang menakjubkan yang di resapi dalam bentuk kepuasan dalam hidup. Dan yakinlah sahabat pasti juga menginginkannya.

Pada waktu pelatihan saya di Rembang tempo hari ada seorang peserta bertanya. Namun saya, mengartikan pertanyaan itu bukanlah sekedar petanyaan, namun curhat. Dia menanyakan, apa yang terjadi jika seseorang itu hanya menikmati hal yang sama terus menerus, dan tidak sama sekali berubah dalam waktu yang lama. Bisakan dia keluar dari lingkaran tersebut., bapak mohon ditanggapi….

Maaf, maksudnya dia itu bapak sendiri? saya balik bertanya…

Ya…banyak pak, soalnya pengalaman saya ada banyak yang mengeluh tentang itu.

Ndak saya coba ingin memperjelas, apa dia di pertanyaan bapak itu bapak sendiri? atau gimana? saya coba untuk bertanya kembali.

Ya bisa saya bisa orang lain pak, kan general pak pertanyaannya. Dan kemudia diikuti gelak tawa para peserta pelatihan lainnya…

Oke..oke..maaf kalau saya tadi menanyakan itu pada bapak. Pertanyaan yang bagus pak….

Pada dasarnya setiap manusia itu memiliki keinginan, saya coba sederhanakan saja, jika kita tidak mampu untuk mencukupi keinginan itu maka akan ada perasaan kecewa dan bahkan merasakan kegagalan. Keinginan itu bisa berupa impian, angan-angan, cita-cita, dan lain-lain diluar kebutuhan rutin kita. Nah, apa yang terjadi pada orang yang terus menerus pada posisi yang sama dan jarang sekali berubah?

Perasaan kecewa dan gagal itu bisa berwujud hal yang bermacam-macam, misalnya bisa menurunkan semangat dan motivasi dalam bekerja, memimpin rumah tangga, bergaul dan bersosialisasi. dalam beberapa kasus ditemukan mereka menjadi lebih emosional, bertindak tidak rasional dan diluar batas-batas yang telah ditetapkan.

Namun, yang ekstrem seperti itu sebetulnya jarang sekali terjadi, namun kebanyakan orang mencoba untuk menikmati apa yang telah ada, sambil mencoba menghapus keinginan itu. Kalau orang jawa bilang “ora …… yo ra pate’en”, tidak ada itu ya tidak masalah, toh masih bisa makan dan melanjutkan hidup.

Namun yang perlu diingat adalah tidak semua keinginan atau angan-angan itu bisa dilupakan, karena setiap hari kadang kita menemukan sesuatu yang mengingatkan kita pada hal-hal tersebut. Misalnya anda ingin jadi manager, nah bahwa setiap hari anda melihat para menager itu berlalu lalang di depan anda, bagaimana anda bisa melupakannya. So, apa yang harus dilakukan nih

Make It Real

Setiap orang ingin pengalaman baru, ingin tantangan baru, dan dengan itu pula ia akan merasa menghidupkan kehidupan. jadi usul saya adalah Make It Real, buatlah apa yang ada impikan dan yang anda angan-angankan itu menjadi nyata. menikmati proses untuk menjadikan impian itu jadi kenyataan juga adalah sebuah pengalaman baru, nah proses itupun akan bisa membuat anda terbang lebih tinggi dari sebelumnya, ada effort yang menjadikan anda menjadi pribadi yang tidak biasa. Asal dinikmati lho…

Lakukan hal sederhana, namun mendekatkan anda pada apa yang ingin anda capai, misalkan anda ingin menjadi manager maka cobalah lakukah hal sederhana untuk berpikir dan bertindak layaknya seorang manager. Misalnya, dalah hal penyelesaian masalah (solving Problem) minimal anda bisa memberikan solusi atas masalah anda sendiri, syukur bisa memberikan jalan keluar atas masalah teman-teman di sekitar anda.

Usahakan untuk tidak buru-buru keluar dari trek. Begini maksud saya, kadang anda itu menjadi manusia yang “super ingin”. Ingin ini, ingin itu. Belum lagi tercapai keinginan satu, anda sudah berganti untuk mendapatkan keinginan lainnya. Apa tidak boleh? semua sih sah-sah saja, cuma untuk melakukan itu ada butuh power yang lebih besar, jangan sampai ukuran itu yang malah membuat anda merasa tidak mampu dan akhirnya menyerah sebelum berhasil.

Buatlah diri anda nyaman dengan keinginan itu, tidak ada yang tidak pantas didunia inim semua bisa pantas untuk anda. Jadi buatlah anda nyaman, saya nyaman karena saya akan menjadi pantas menjadi manager, saya nyaman karena saya akan menjadi pantas untuk menjadi direktur, untuk yang mahasiswa saya akan menjadi pantas untuk menjadi sarjada dan bekerja, dan seterusnya.

“Membuat sesuatu menjadi nyata itu bukankan sebuah hal yang komplek, ini jauh lebih sederhana. sesederhana anda membalikkan telapak tangan, anda akan melihat warna, dan bentuk yang berbeda.”

About forumkuliah

Dosen, trainer, writer

Posted on October 17, 2013, in Artikel Motivasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: